PENGERTIAN PRO DAN KONTRA


  • Pengertian pro dan kontra itu apa sih ?
  • Apa itu pro dan kontra ?
  • Apa arti kata pro dan kontra ?
  • Apa yang dimaksud dengan pro dan kontra ?
  • Apa pengertian pro dan kontra dalam debat ?

Pengertian Pro dan Kontra


Pengertian Pro dan Kontra Menurut Para Ahli

Arti pro dan kontra adalah :

Pengertian pro adalah suatu reaksi yang baik, positif, atau setuju terhadap suatu hal.

Definisi kontra adalah reaksi negatif, menentang, atau tidak setuju terhadap suatu hal.


Jika teman-teman pernah menyaksikan acara debat apakah di televisi atau secara langsung biasanya akan ada dua kubu yang saling berlawanan. Kubu yang satu pro terhadap suatu masalah sementara kubu lainnya kontra. Kedua kubu akan mencoba mempertahankan pendapatnya dengan mengemukakan argumennya masing-masing. Semakin panas perdebatannya maka debatnya pun terasa semakin seru. Bahkan kita sebagai penonton ikut terbawa emosi.

Contohnya mengenai larangan bagi siswa untuk membawa handphone ke sekolah. Ada golongan yang pro dan ada yang kontra. Golongan yang pro berpendapat dengan larangan ini akan meningkatkan konsentrasi siswa dalam belajar karena tidak terganggu dengan handphone.

Sementara golongan yang kontra berpendapat hal ini akan menyulitkan siswa untuk berkomunikasi di saat-saat penting. Apalagi pada zaman sekarang dimana ada handphone yang memiliki aplikasi yang dapat digunakan untuk belajar.

Pro dan kontra adalah hal yang sangat wajar terjadi. Setiap orang memiliki latar belakang yang berbeda-beda, apakah itu pola pikir, pendidikan, atau sudut pandang sehingga reaksi dan pendapatnya terhadap suatu hal juga berbeda. Merupakan hal yang mustahil jika kita mengharapkan semua orang setuju dengan suatu kebijakan. Pasti ada golongan yang kontra sebaik apapun suatu kebijakan dibuat.

Meskipun demikian pro dan kontra adalah hal yang positif dan dapat diambil manfaatnya jika dilakukan dengan benar. Dengan adanya pro dan kontra memberikan kita sudut pandang yang lebih luas mengenai suatu hal karena tidak ada yang salah dengan keduanya.

Dari pro dan kontra yang muncul kita dapat melihat kelebihan dan kekurangan dari suatu hal sehingga dapat dicari titik temu yang dirasa tepat. Analoginya seperti semut yang menjelaskan mengenai gajah. Semut yang melihat gajah dari depan mengatakan bahwa gajah itu adalah belalai sementara semut yang melihat gajah dari belakang mengatakan bahwa gajah itu adalah ekor. Keduanya benar hanya saja dari sudut pandang yang berbeda. Hanya bagaimana kita bijak menyikapinya.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian kata pro dan kontra. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian pro dan kontra secara umum ya ! Lihat juga pengertian pramusaji 🙂