PENGERTIAN PRO ENVIRONMENT


  • Pengertian pro environment itu apa sih ?
  • Apa itu pro environment ?
  • Apa arti kata pro environment ?
  • Apa yang dimaksud dengan pro environment ?

Pengertian Pro Environment


Pengertian Pro Environment Menurut Para Ahli

Arti pro environment adalah :

Pengertian pro environment adalah perilaku yang secara sadar berusaha untuk meminimalkan dampak negatif yang ditimbulkan dari tindakan seseorang pada alam dan lingkungan sekitarnya. (Kollmuss & Agyeman : 2002)


Menjaga kelestarian lingkungan merupakan tanggung jawab dan kewajiban kita sebagai manusia yang hidup dari lingkungan dan memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dikatakan wajib karena jika lingkungan rusak maka yang dirugikan adalah kita sendiri.

Contohnya efek rumah kaca yang mengakibatkan pemanasan global dimana suhu bumi semakin panas sehingga gunung es yang ada di kutub mencair dan naiknya permukaan air laut. Hal ini menyebabkan beberapa pulau kecil tenggelam dan mengancam pulau-pulau lainnya. Jangan sampai terjadi seperti di film-film dimana kondisi bumi sudah sangat rusak sehingga manusia harus mencari bumi yang lain.

Menyadari hal ini, pemerintah pada era Presiden SBY menjadikan keberpihakan pada lingkungan atau pro-lingkungan (pro-environment) sebagai salah satu pilar utama strategi pembangunan untuk mewujudkan RKP atau Rencana Kerja Pemerintah pada tahun 2011. Pada dasarnya pro-environment adalah sikap atau tindakan mendukung, menjaga, dan melestarikan lingkungan.

Pro-environment seperti yang dimaksud di atas merupakan kebijakan-kebijakan pemerintah yang pro-lingkungan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan lingkungan hidup. Hal ini diperlihatkan melalui pengalokasian DAK (Dana Alokasi Khusus) RAPBN 2011 yang lebih diutamakan pada masalah-masalah lingkungan seperti  mengatasi dampak perubahan iklim, menurunkan emisi gas buang yang dapat menyebabkan efek rumah kaca, pembangunan dan perbaikan sarana dan prasarana dalam bidang perikanan dan pertanian, dan lain sebagainya.

Tidak hanya pemerintah dengan kebijakan pro-lingkungannya. Kita sebagai masyarakat juga dapat melakukan kegiatan-kegiatan pro-lingkungan untuk menjaga kelestarian lingkungan seperti yang paling dekat dan mudah dilakukan yaitu membuang sampah pada tempatnya, menanam pohon karena kita tahu banyak sekali hutan kita yang kondisinya memprihatinkan, terasering atau sengkedan yaitu menanam pohon di area miring/landai untuk meminimalisir tanah longsor ketika musim penghujan, menggunakan produk daur ulang dan ramah lingkungan seperti tas dari bahan organik, mencegah pembabatan hutan, menebang hutan dengan sistem tebang pilih dimana pohon yang ditebang adalah yang sudah tua dan membiarkan pohon yang masih muda, mendukung pemerintah membuat hukum yang tegas bagi pelaku pengrusakan lingkungan, reklamasi pantai seperti dengan menanam pohon bakau di sekitar pantai, dan lain sebagainya.


Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian pro environment secara umum ya ! Lihat juga pengertian redaksi 🙂