PENGERTIAN PRO PARTE DOLUS PRO PARTE CULPA


  • Pengertian pro parte dolus pro parte culpa itu apa sih ?
  • Apa itu pro parte dolus pro parte culpa ?
  • Apa yang dimaksud dengan pro parte dolus dan pro parte culpa ?
  • Apa contoh delik pro parte dolus pro parte culpa ?

Pengertian Pro Parte Dolus Pro Parte Culpa


Pengertian Pro Parte Dolus Pro Parte Culpa Menurut Para Ahli

Arti pro parte dolus pro parte culpa adalah :

Pengertian pro parte dolus pro parte culpa adalah suatu delik yang memuat dua unsur yaitu kesengajaan dan kealpaan. (Mahkamah Konstitusi RI)


Delik atau tindak pidana adakah tindakan yang bertentangan dengan undang-undang sehingga dapat dijatuhi hukuman. Setiap delik yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang memiliki konsekuensi hukum sesuai dengan yang tertuang dalam KUHP atau kitab undang-undang hukum pidana. Berat tidaknya hukuman ditentukan oleh banyak faktor salah satunya apakah tindak pidana tersebut dilakukan atas dasar kesengajaan atau kealpaan. Dalam dunia hukum kesengajaan disebut dolus dan kealpaan disebut culpa.

Kedua hal ini sangat berbeda dimana hukuman untuk delik yang dilakukan atas dasar kesengajaan biasanya lebih berat daripada delik yang dilakukan atas dasar kealpaan. Misalnya dalam hal pembunuhan, pembunuhan yang dilakukan atas suatu perencanaan biasanya diganjar hukuman mati atau seumur hidup.

Berbeda dengan pembunuhan yang dilakukan atas dasar ketidaksengajaan seperti penebang pohon yang melakukan penebangan tanpa peringatan atau pemberitahuan sehingga ada orang yang mati karena tertimpa pohon yang ditebangnya. Dalam hal ini penebang pohon tersebut dikatakan telah melakukan pembunuhan yang tidak disengaja. Tindak pidana seperti ini mendapat ganjaran yang jauh lebih ringan daripada pembunuhan berencana.

Dalam perumusan hukum, tindakan atas dasar sengaja menggunakan kata-kata “diketahui” atau “mengerti” sementara tindakan atas dasar kealpaan menggunakan kata-kata “seharusnya menduga” atau “sepatutnya harus diduga”.

Ada suatu jenis delik yang disebut pro parte dolus pro parte culpa yaitu delik yang dalam perumusannya di KUHP terdapat dua unsur yaitu kesengajaan dan kealpaan. Delik seperti ini disebut juga delik culpa yang tidak sesungguhnya. Pelaku tindak pidana dapat dikenai hukuman jika salah satu unsur terpenuhi. Contohnya seperti pada pasal 480 tentang penadahan, pasal 483 dan 484 tentang pencetak dan penerbit, pasal 287, 288, dan 292 tentang kesusilaan, dan lain sebagainya.

Dalam pasal 480 KUHP tentang penadahaan disebutkan bahwa siapa saja menadah barang atau menjual kembali barang tadahannya untuk mendapat keuntungan dimana dia mengetahui atau patut disangkanya bahwa barang itu merupakan hasil kejahatan akan mendapat hukuman paling lama empat tahun atau denda paling banyak sembilan ratus rupiah. Dalam pasal ini ada unsur kesengajaan (kata “mengetahui”) dan unsur kealpaan (kata “patut disangka”). Jika salah satu unsur terpenuhi maka hukuman telah dapat dijatuhkan.


Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian pro parte dolus dan proparte culpa secara umum ya ! Lihat juga pengertian pembelajaran konstruktif 🙂