PENGERTIAN PROAKTIF DAN CONTOHNYA


  • Pengertian proaktif dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu proaktif ? Apa arti kata proaktif ?
  • Apa yang dimaksud dengan proaktif ?
  • Apa pengertian proaktif dalam kewirausahaan ?

Pengertian Proaktif


Pengertian Proaktif Menurut Para Ahli

Arti proaktif adalah suatu keyakinan bahwa penyebab dan sumber tingkah laku berasal dari dalam diri manusia itu sendiri. (E. Koswara : 1986)

Pengertian proaktif adalah suatu sikap untuk bertanggung jawab atas hidup diri kita sendiri. Hidup yang kita jalani berasal dari berbagai macam bentuk keputusan yang kita buat dan kita sebagai manusia juga punya tanggung jawab dan berbagai inisiatif untuk membuat segalanya terjadi. (Stephen R. Covey : 1997)

Definisi proaktif adalah berinisiatif untuk membentuk pribadi menuju suatu tujuan hidup tertentu. (Suharli : 2009)

Pengertian proaktif dalam wirausaha adalah suatu bentuk kesedian para wirausahawan untuk mencari peluang pasar secara terus menerus dan melakukan berbagai macam eksperimen untuk menggali keuntungan potensial yang ada di suatu pangsa pasar tertentu. (Venkatraman : 1989)


Jika kita sering menyaksikan berbagai program penghargaan di televisi tentu kita paham bahwa kebanyakan orang yang meraih penghargaan dalam bidang apapun adalah orang-orang yang secara aktif dapat membawa perubahan bagi orang-orang di sekitarnya. Tidak sekedar hidup dan berkompromi dengan lingkungan tetapi berusaha melakukan perubahan ke arah yang lebih baik bagi diri dan lingkungannya. Sikap seperti ini disebut proaktif.

Secara umum, pengertian proaktif adalah sikap seseorang yang mampu mengenali kesempatan dan memanfaatkannya sehingga menghasilkan perubahan ke arah yang lebih baik. Orang dengan sikap proaktif tidak sekedar bereaksi terhadap berbagai keadaan tetapi memiliki inisiatif untuk melakukan aksi terhadap perubahan.

Contohnya sikap yang ditunjukkan oleh para aktivis lingkungan hidup untuk membersihkan sampai di sungai. Ini merupakan sikap proaktif untuk menjaga lingkungan agar sampah tidak menumpuk di sungai yang dapat menyebabkan banjir. Lain halnya dengan orang yang bersikap reaktif, ketika banjir sudah terjadi barulah berkoar-koar menyalahkan berbagai pihak seperti pemerintah yang tidak tanggap atau masyarakat yang sembarangan membuang sampah.

Sikap proaktif seseorang dapat dilihat dari perilakunya. Yang pertama orang proaktif memiliki rasa tanggung jawab. Mereka tidak mudah menyalahkan orang lain atas suatu kejadian tetapi lebih memilih bertanggung jawab dan mencari solusi atas permasalahan.

Kedua, orang proaktif lebih fokus bekerja dan berusaha agar dapat melakukan perubahan dalam ruang lingkup yang lebih luas sehingga dampak perubahan itu juga lebih besar.

Ketiga, orang proaktif melakukan perubahan dimulai dari dirinya sendiri dengan melakukan instropeksi diri apakah yang dia lakukan sudah benar atau tidak. Baru kemudian memperluas perubahan kepada orang-orang di sekitarnya.

Keempat, orang proaktif memiliki prinsip-prinsip yang ia anggap benar. Prinsip itulah yang ia terjemahkan ke dalam bentuk nilai-nilai yang akan mengarahkan sikap dan perilakunya sehingga setiap sikap dan perilakunya selalu berpegang pada prinsip yang ia anut.. Dan yang terakhir, orang proaktif berupaya mengoptimalkan apa yang ada dalam dirinya yaitu yang disebut dengan empat anugerah unik yang hanya dimiliki manusia yaitu kesadaran diri, hati nurani, imajinasi kreatif, dan kebebasan kehendak.


Oke itulah beberapa contoh pengertian proaktif menurut para ahli. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian proaktif dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian komitmen tinggi dalam kewirausahaan 🙂