PENGERTIAN PRODUKTIF DAN CONTOHNYA


  • Pengertian produktif dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu produktif ? Apa arti kata produktif ?
  • Apa yang dimaksud dengan produktif ?
  • Apa pengertian produktif menurut Islam ?
  • Apa pengertian produktif dan konsumtif ?

Pengertian Produktif


Pengertian Produktif Menurut Para Ahli

Arti produktif adalah :

Pengertian produktif adalah sesuatu hal yang bisa menghasilkan atau mendatangkan keuntungan secara besar atau banyak.

Definisi produktif adalah sikap yang berkonsep pada hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik daripada hari ini. (Bambang Tri Cahyono, 1996:283)

Pengertian produktif menurut Islam adalah suatu sikap yang ingin terus berkarya atau menghasilkan sesuatu hal yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Orang yang produktif adalah orang yang tidak menganggur dan tidak pernah berhenti dalam berusaha. Sebab sesungguhnya banyak aktivitas yang bisa dikerjakan di muka bumi ini yang bisa mendatangkan banyak manfaat asalkan dikerjakan secara sepenuh hati dan bersungguh-sungguh. Rasulullah SAW bersabda, sebaik-baik manusia adalah orang yang bisa memberikan manfaat bagi orang lain (H.R.Ahmad)

Perbedaan produktif dan konsumtif : Produktif akan menghasilkan keuntungan sementara konsumtif akan menghasilkan kerugian karena sifatnya sebagai sesuatu hal yang dikonsumsi. Contohnya barang produktif dan barang konsumtif. Barang produktif adalah barang yang mempunyai nilai pertumbuhan yang cenderung naik dalam jangka panjang. Contohnya emas dan properti. Sementara barang konsumsi adalah barang yang nilainya akan turun sepanjang waktu atau habis karena dikonsumsi atau dipakai. Contohnya barang elektronik.


Kata produktif itu sangat berkaitan erat dengan manusia. Mungkin ada dari kita yang sering atau sudah tidak asing lagi dengan kata produktif, biasanya sering kita dengar kalimat “Jadilah orang yang produktif”. Nah, produktif sendiri itu apa sih ?

Kata produktif berasal dari kata bahasa Inggris “product” yang memiliki arti hasil. Dan dikembangkan lagi menjadi “productive” yang berarti menghasilkan. Jadi secara umum, pengertian produktif adalah sebuah kegiatan yang menghasilkan sesuatu, contohnya seperti benda dsb.

Menurut KBBI, pengertian produktif adalah sesuatu hal yang bersifat mampu dalam menghasilkan dalam jumlah yang besar. Contoh :

  1. Pohon mangga itu menghasilkan buah mangga banyak sekali. (Hal ini berarti pohon mangga tersebut sangat produktif).
  2. Pabrik itu bisa menghasilkan 1000 kertas perhari. (Berarti pabrik tersebut adalah pabrik yang produktif).

Jadi secara garis besar, produktif berarti mampu menghasilkan sesuatu dalam jumlah yang besar. Ingat penekanannya terdapat pada jumlah, jika menghasilkannya hanya satu atau dalam jumlah yang relatif sedikit, maka sesuatu hal tersebut belum dapat dikatakan produktif.


Oke itulah penjelasan pengertian produktif dan contohnya secara singkat. Semoga artikel pengertian produktif dan contoh produktif ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Lihat juga pengertian stagnan 🙂