PENGERTIAN PROGRESIF DAN CONTOHNYA


  • Pengertian progresif dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu progresif ? Apa arti kata progresif ?
  • Apa yang dimaksud dengan progresif ?
  • Apa pengertian pajak progresif ?
  • Apa pengertian progresif dalam kesehatan ?

Pengertian Progresif


Pengertian Progresif Menurut Para Ahli

Arti progresif adalah :

Pengertian progresif adalah suatu perubahan yang terjadi yang sifatnya maju, meningkat, meluas, berkelanjutan atau bertahap selama periode waktu tertentu baik secara kuantitatif ataupun kualitatif. Dalam bidang politik, progresif artinya orang yang mendukung ide-ide baru dan perubahan sosial yang modern. Sementara pengertian progresif dalam musik adalah musik yang mencoba ide-ide baru atau tidak biasa, terkadang terkesan tidak easy listening.

Pengertian progresif dalam kesehatan adalah meningkatnya cakupan atau ruang lingkup sesuatu. Contohnya apabila ada suatu penyakit kanker yang progresif berarti penyakit tersebut terus meningkat tingkat keparahannya yang berarti kondisi pasien akan menjadi semakin memburuk.


Kita semua tentu menyukai peningkatan atau perubahan ke arah yang lebih baik. Misalnya dalam suatu kompetisi bermusik yang banyak kita saksikan di televisi, bagaimana seorang kontestan dalam kontes musik yang awalnya masih grogi lama kelamaan mulai bisa menguasai panggung hingga dapat menyedot perhatian penonton. Dapat dikatakan kontestan tersebut perkembangannya cukup progresif.

Pengertian progresif adalah segala sesuatu yang sifatnya meningkat ke arah yang lebih baik atau lebih maju. Istilah ini digunakan dalam berbagai bidang kehidupan, misalnya istilah pajak progresif, hukum progresif, partai progresif, bahkan musik progresif.

Istilah hukum progresif pertama kali diungkapkan oleh Satjipto Rahardjo, seorang guru besar dalam bidang hukum yang juga aktivis penegakan hukum. Hukum progresif merupakan terobosan atau peningkatan dalam dunia hukum yang memandang perlunya dilakukan perbaikan radikal untuk mengubah sistem hukum ke arah yang lebih baik. Dengan hal ini diharapkan hukum benar-benar dapat memberikan keadilan bagi semua orang.

Hukum progresif diterapkan atas beberapa prinsip seperti tidak mempertahankan status quo atau apa yang sudah ada dan berlaku dalam hukum saat ini. Jika memang sebuah status quo mengandung kekeliruan maka harus diperbaiki.

Kemudian hukum progresif juga lebih mengutamakan faktor dan peran manusia sebagai orang yang menggunakan atau memanfaatkan hukum. Kemudian hukum progresif juga menekankan pemahaman makna di atas pemahaman sebatas teks saja.

Sebuah peraturan atau hukum hendaknya dimaknai, bukan hanya dipahami sebagai sebuah teks. Hukum progresif juga diharapkan dapat menolak sesuatu yang dianggap lazim selama ini jika kelaziman itu terbukti keliru sehingga tujuan hukum sebenarnya dapat tercapai.

Bidang perpajakan juga menggunakan istilah ini yaitu pajak progresif. Pengertian pajak progresif adalah persentase pajak akan naik sekian persen ketika objek yang terkena pajak nilainya juga naik, serta ada kenaikan persentase setiap kenaikan nilai objek pajak dalam jumlah tertentu.

Di Indonesia pajak progresif diterapkan antara lain pada pajak penghasilan yang wajib pajaknya orang pribadi dan pajak kendaraan bermotor. Misalnya pada pajak penghasilan, untuk kategori penghasilan kena pajak atu PKP sampai dengan 50 juta dikenakan pajak sebesar 5%. Untuk PKP antara 50 juta sampai 250 juta maka tarif pajaknya sebesar 15%. Kemudian untuk PKP antara 250 juta hingga 500 juta dikenakan pajak sebesar 25%. Dan untuk PKP di atas 500 juta maka tarif pajaknya sebesar 30%.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian progresif dan contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian progresif secara umum ya ! Lihat juga pengertian blusukan 🙂