PENGERTIAN PROPERTI DALAM DRAMA


  • Pengertian properti dalam drama itu apa sih ?
  • Apa itu properti ? Apa arti kata properti ?
  • Apa yang dimaksud dengan properti ?
  • Apa contoh properti dalam drama ?
  • Apa pengertian properti dalam seni teater ?

Pengertian Properti


Pengertian Properti Menurut Para Ahli

Arti properti dalam drama adalah :

Pengertian properti dalam drama adalah semua benda tidak bergerak yang digunakan di atas panggung pementasan drama yang berguna untuk membentuk setting cerita, contohnya seperti, kostum, pemandangan, makanan, pintu, perabot, lampu, jendela, kursi, pohon, dan sebagainya.

Definisi properti dalam drama secara garis besar adalah sama dengan pengertian properti dalam teater dan pengertian properti dalam tari karena sama-sama dipentaskan di atas panggung.


Agar suatu pementasan dapat berjalan dengan baik, diperlukan berbagai komponen pendukung seperti skenario, penataan latar, sutradara dan aktor yang kompeten, serta properti. Properti yang dimaksud disini adalah segala perlengkapan yang dapat menunjang keberjalanan suatu pementasan. Contohnya bisa berupa meja, kursi, alat makan, tirai, dan lain-lain sesuai kebutuhan dalam suatu cerita.

Secara umum properti yang digunakan dalam drama ini dapat diklasifikasikan kedalam dua kategori besar, yakni properti fungsional dan properti realis. Properti fungsional merupakan properti yang memang dipergunakan secara langsung sesuai skenario. Contoh dari properti jenis ini misalnya smartphone yang digunakan dalam adegan menelepon, motor yang dipakai saat adegan berkendara, atau buku yang digunakan saat adegan membaca.

Adapun properti realis merupakan properti yang tidak digunakan secara langsung namun tetap diletakkan di area pementasan agar suasana yang sedang dibangun semakin hidup. Misalnya dalam adegan menjahit baju tetap diletakkan beberapa baju dalam posisi menggantung agar memberi kesan bahwa si penjahit adalah penjahit yang ulung. Contoh lainnya dalam adegan memperbaiki sepeda dapat diikutsertakan properti berupa perkakas khas bengkel seperti ban sepeda, mesin pompa angin, serta rak yang berisi spare-part dan aksesoris sepeda. Properti semacam ini memang tidak akan digunakan secara langsung akan tetapi kehadirannya membuat cerita yang dibawakan terkesan lebih nyata (lebih real).

Meskipun aspek properti terlihat sederhana, dalam kenyataannya kehadiran properti sangat mempengaruhi bagus tidaknya suatu pementasan. Apalagi jika pementasan tersebut dilaksanakan di panggung yang sudah pasti tidak bisa banyak diubah dan notabene tidak begitu luas untuk bergerak. Pemilihan properti yang tepat dapat membuat pementasan pada tempat yang terbatas ini menjadi tetap terkesan maksimal dan menawan.

Kunci utama dalam pemilihan properti ialah penyatuan persepsi dari setiap pihak yang terlibat dalam pementasan, mulai dari sutradara, aktor, hingga penata artistik. Masing-masing tidak boleh memaksakan keberadaan jenis properti yang mereka inginkan. Properti yang baik tentunya merupakan properti yang sangat berhubungan dengan skenario tanpa mempedulikan mahal murahnya harga properti tersebut.


Oke itulah penjelasan tentang pengertian properti dalam drama & contoh properti dalam drama. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian properti dalam seni budaya secara umum ya ! Lihat juga pengertian mores dan folkways 🙂