PENGERTIAN PROVOKASI DAN CONTOHNYA


  • Pengertian provokasi dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu provokasi ? Apa arti kata provokasi ?
  • Apa yang dimaksud dengan provokasi ?
  • Apa yang dimaksud dengan provokatif ?
  • Apa pengertian provokasi politik ?

Pengertian Provokasi


Pengertian Provokasi Menurut Para Ahli

Arti provokasi adalah :

Pengertian provokasi adalah suatu tindakan yang menyebabkan reaksi seseorang seperti menjadi marah atau menyebabkan seseorang untuk mulai melakukan sesuatu. Sementara arti provokator adalah orang atau pihak yang melakukan tindakan provokasi.

Definisi provokasi adalah suatu aksi yang dilakukan oleh provokator untuk memicu agresi individu sehingga individu tersebut cenderung untuk membalasnya dengan suatu perbuatan tertentu (counter agression).

Pengertian provokasi adalah semacam tindakan “pancingan” atau “tantangan” terhadap orang lain. (Poerwardarminta : 2003)

Pengertian provokasi politik adalah adalah provokasi yang disampaikan secara langsung ataupun tidak langsung yang merupakan tantangan atau pancingan kepada lawan politik, yang bertujuan untuk memanas-manasi lawan politik, menjatuhkan citra lawan politik serta untuk meningkatkan dukungan dan citra kandidat yang melancarkan aksi provokasi tersebut. (Artha : 2009)


Secara umum, pengertian provokasi adalah sebuah sikap untuk menghasut, mempengaruhi dan membangkitkan amarah seseorang untuk bertindak dengan cara tertentu, yang dilakukan secara langsung (berbicara) ataupun tidak langsung (tulisan).

Contoh provokasi : Pada saat aksi demo buruh, ada seorang yang memprovokasi bahwa gaji atau upah minimum (UMR) tidak akan dinaikkan. Mendengar hal tersebut, tentunya orang-orang yang ikut serta dalam aksi protes tersebut akan marah dan melakukan aksi kekerasan. Sehingga tak jarang aksi tersebut berujung ricuh dan bentrok dengan aparat kepolisian. Contoh aksi provokasi lainnya seperti provokasi untuk menjatuhkan kepemimpinan gubernur, atau pada saat diadakannya pemilu yang biasa disebut dengan provokasi politik.

Tindakan provokasi merupakan sebuah perbuatan yang tidak bertanggung jawab dan cenderung menimbulkan kericuhan. Provokasi sejatinya tidak membuahkan solusi karena orang yang terprovokasi biasanya akan langsung saja menerima informasi yang belum tentu jelas kebenarannya.

Oleh karenanya, kita sebagai masyarakat awam sebaiknya jangan langsung menerima begitu saja berbagai informasi yang diterima, pelajari dahulu sumbernya siapa, dan jika diperlukan lakukan investigasi terlebih dulu akan kebenaran informasinya,  baru kemudian kita bisa bertindak. Kita juga harus tetap berkepala dingin dan tidak terbawa emosi dalam menanggapi berbagai hal yang berbau provokatif.

Contoh kasus provokasi lainnya bisa kita lihat pada masalah rendahnya tingkat pendidikan di Indonesia. Contoh kalimat provokasi seperti “buat apa sekolah lebih baik cari duit”, “sekolah cuma ngabisin duit, ujung-ujungnya pengangguran juga” dsb. Masyarakat dapat dengan mudah terprovokasi dengan masalah tersebut, sehingga membuat anak-anak saat ini hanya menyelesaikan pendidikan sampai Sekolah Menengah Umum (SMU) saja. Bahkan masih ada pula yang hanya menyelesaikan sekolah sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP). Ini merupakan salah satu akibat dari cara berfikir masyarakat yang tidak memahami beragam informasi yang mereka terima.

Provokasi akan menjadi berbahaya jika muncul pada suatu masyarakat yang tingkat solidaritasnya masih rendah. Suatu opini provokasi yang kecil bisa saja memuncak dan menimbulkan reaksi yang berlebihan yang membuat kekompakan masyarakan menjadi tidak berarti. Masyarakat seperti ini cenderung tersulut oleh suatu hal yang berbau provokatif dab membuat kericuhan demi menyalurkan amarah semata.


Oke itulah penjelasan dari provokasi / pengertian arti provokasi. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian provokasi dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian intimidasi 🙂