PENGERTIAN RAMAH LINGKUNGAN DAN CONTOHNYA


  • Pengertian ramah lingkungan dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu ramah lingkungan ? Apa arti kata ramah lingkungan ?
  • Apa yang dimaksud dengan ramah lingkungan ?
  • Apa pengertian industri ramah lingkungan ?
  • Apa pengertian energi ramah lingkungan dan contohnya ?

Pengertian Ramah Lingkungan


Pengertian Ramah Lingkungan Menurut Para Ahli

Arti ramah lingkungan adalah :

Definisi ramah lingkungan adalah sesuatu yang tidak merusak alam lingkungan di sekitarnya atau suatu progam yang tidak membuat dampak buruk atau dampak negatif terhadap lingkungan sekitar.

Pengertian ramah lingkungan adalah segala sesuatu yang bersifat tidak merusak lingkungan serta mampu menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar.


Lingkungan alam di sekitar merupakan tempat kita hidup dan mencari penghidupan. Makanan, minuman, dan semua kebutuhan kita berasal dari alam. Untuk itu kita harus menjaga kelestariannya. Jika alam rusak maka manusia pula yang akan mendapat akibatnya. Seperti penebangan hutan yang tanpa aturan menyebabkan banjir sehingga lahan pertanian rusak dan petani pun merugi.

Untuk menanggulangi hal ini aktivis lingkungan giat menyuarakan konsep ramah lingkungan. Ada teknologi ramah lingkungan, gaya hidup ramah lingkungan, produk ramah lingkungan, energi ramah lingkungan, dan lain sebagainya. Istilah ramah lingkungan dapat diartikan segala sesuatu yang sifatnya tidak merusak lingkungan melainkan menjaga dan melestarikannya.

Teknologi berkembang pesat yang membuat kehidupan manusia semakin mudah. Teknologi memungkinkan kita menempuh jarak yang jauh dalam waktu singkat, berbicara dengan orang lain yang jaraknya ribuan kilometer, dan masih banyak lagi kecanggihan teknologi yang dapat kita manfaatkan. Akan tetapi perkembangan teknologi juga turut menyebabkan kerusakan lingkungan, seperti polutan yang berasal dari alat-alat teknologi, limbah yang dihasilkan dari proses produksinya, dan lain sebagainya.

Untuk itu muncul istilah teknologi ramah lingkungan. Pengertian teknologi ramah lingkungan adalah teknologi yang proses produksi, penggunaannya, dan barang bekas atau limbahnya tidak menyebabkan kerusakan lingkungan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara meminimalkan polutan yang berasal dari alat teknologi, memakai sumber daya alam dengan bijaksana, serta mengolah limbah teknologi dengan baik. Contoh teknologi ramah lingkungan seperti mobil dan sepeda listrik, lampu tenaga surya, dan kulkas tanpa freon.

Selain teknologi juga giat disuarakan oleh aktivis lingkungan gaya hidup yang ramah lingkungan. Seperti yang kita ketahui, pada zaman sekarang manusia hidup tanpa memperdulikan kelestarian alam. Menggunakan bahan bakar, kertas, dan lain-lain seenaknya tanpa memikirkan dampaknya pada lingkungan. Misalnya saja kertas yang kita gunakan sehari-hari. Bahan baku kertas berasal dari pohon. Jika kita menggunakan kertas berlebihan tentu saja turut menyebabkan kerusakan hutan.

Gaya hidup ramah lingkungan dapat diwujudkan dengan cara mengurangi penggunaan sumber daya alam, mengurangi karbondioksida yang dihasilkan dalam kehidupan sehari-hari, dan cara-cara lainnya. Contohnya seperti mengurangi penggunaan kertas, menggunakan sepeda ketika bepergian ke tempat yang tidak terlalu jauh, mengurangi penggunaan plastik, menanam tumbuhan di halaman rumah, dan masih banyak lagi yang dapat kita lakukan untuk menjalankan gaya hidup ramah lingkungan.

Pengertian energi ramah lingkungan adalah berbagai macam bentuk energi yang dihasilkan dengan menggunakan sumber daya alam yang lebih rendah serta menghasilkan limbah atau emisi yang lebih rendah pula. Contoh energi yang ramah lingkungan dapat dapat dihasilkan dengan menggunakan : Sel Surya, Kincir Angin, Kincir Air, Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi dsb.

Pengertian industri ramah lingkungan adalah suatu kegiatan atau usaha pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi yang mempunyai value (nilai tambah) dengan menggunakan konsep zero waste yaitu tidak menghasilkan limbah sama sekali.

Contoh industri ramah lingkungan di Indonesia yang sudah berbentuk pabrik yaitu PT Tirta Investama (Aqua), PT Sinar Sosro (pabrik Ungaran), PT Djambi Waras Jujuhan, Star Energy Geothermal Wayang Windu Limited dsb.

Contoh produk ramah lingkungan atau jenis produk ramah lingkungan antara lain : kantong belanja yang terbuat dari bahan kertas, tas yang terbuat dari bahan kayu, aneka kerajinan rotan, lampu LED, minyak kacang,  Nippon Paint Green Choice Series (cat berbahan dasar air), gabus penutup botol wine (yang terbuat dari kulit kayu) dsb.


Itulah penjelasan singkat tentang ramah lingkungan dan contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian teknologi ramah lingkungan secara umum ya ! Lihat juga pengertian pro dan kontra 🙂