PENGERTIAN REDAKSI


  • Pengertian redaksi berita itu apa sih ?
  • Apa itu redaksi ? Apa arti kata redaksi ?
  • Apa yang dimaksud dengan redaksi ?
  • Apa pengertian pimpinan redaksi ?
  • Apa pengertian redaksi surat kabar ?

Pengertian Redaksi


Pengertian Redaksi Menurut Para Ahli

Arti redaksi adalah :

Pengertian redaksi adalah sebuah struktur dan mekanisme yang terdapat di dalam pengelolaan media massa baik itu media online, media elektronik ataupun media cetak. Tugas redaksi adalah untuk menentukan apakah suatu kejadian tertentu bisa memiliki nilai berita atau tidak. (Septiawan Santana : 2005)

Pengertian redaksi surat kabar adalah sebuah lembaga yang berdiri sendiri di tengah-tengah masyarakat yang bisa mempengaruhi masyarakat lewat surat kabar yang diterbitkannya. (Totok Djuroto : 2000)

Pengertian pemimpin redaksi adalah orang pertama yang bertanggung jawab atas semua isi penerbitan pers. Karena pemimpin redaksi inilah yang bisa mengontrol baik dan buruknya isi pemberitaan dalam suatu penerbitan redaksional.


Pernahkah terpikir oleh kita kerja keras yang dilakukan oleh orang-orang dibalik sebuah berita yang kita baca di koran, di balik artikel yang kita lihat di internet, atau berita yang kita tonton di televisi? Di balik itu semua ada orang-orang yang bekerja keras mencari berita, menyusunnya, mengedit jika ada tulisan atau tampilan yang kurang baik, serta mencetak atau menyiarkannya. Orang-orang ini merupakan bagian dari redaksi sebuah media baik redaksi surat kabar, redaksi stasiun televisi, ataupun redaksi situs berita di internet.

Pengertia redaksi adalah badan atau institusi dari sebuah media massa yang bertanggung jawab dalam penyiaran dan penerbitan berita mulai dari pengumpulan berita di lapangan, penyusunan dan pengeditan, hingga penyiaran atau pencetakan.

Dalam menghasilkan sebuah berita setidaknya ada 8 tahapan yang dilaksanakan oleh redaksi yaitu rapat redaksi, reportase dan penulisan berita, editing dan koreksi, lay out, pencetakan, posting, atau penyiaran, evaluasi, sirkulasi, dan yang terakhir adalah feedback.

Tahap pertama adalah rapat redaksi yang wajib dilaksanakan sebelum dan saat penggarapan berita. Dalam rapat redaksi akan dibahas mengenai tema yang akan diangkat, sumber berita yang akan diliput, segmen pasar atau calon pembaca/penonton yang akan dibidik, rubrikasi atau penentuan konten-konten dalam sebuah majalah atau siaran berita, dan yang terakhir pembagian kerja masing-masing anggota tim.

Berikutnya barulah dilaksanakan proses reportase dan penulisan berita. Dalam hal ini reporter harus dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan tepat waktu. Setelah reporter menyelesaikan tugasnya barulah hasil pekerjaannya akan diedit oleh editor, baik itu editor berita maupun editor bahasa. Setelah itu tugas lay outer atau redaktur artistik untuk memastikan semua kelengkapan tampilan berita seperti ilustrasi, foto, dan lain-lain.

Setelah semua oke barulah masuk ke tahap pencetakan atau penyiaran. Setelah dicetak atau melalui proses syuting tidak serta merta berita dapat langsung dihadirkan ke publik. Berita tersebut masih harus dievaluasi untuk memastikan tidak terdapat kesalahan di dalamnya, apakah kesalahan ejaaan, kosakata, dan lain sebagainya. Setelah berita tampil ada tahapan sirkulasi dan feedback. Tahapan dimana redaksi melihat dan memantau bagaimana berita sampai ke masyarakat dan bagaimana tanggapan masyarakat. Hal ini sangat berguna sebagai masukan bagi media tersebut agar menjadi lebih baik lagi.

Istilah redaksi dalam kbbi atau kamus besar bahasa Indonesia juga diartikan sebagai cara atau gaya penyusunan kata dalam sebuah kalimat. Seperti sebuah ide yang sama dapat memberi kesan yang berbeda tergantung redaksinya atau penyampaian ide tersebut dalam bentuk kalimat. Semakin berpengalaman seseorang, semakin sering ia membaca buku dan menulis, biasanya redaksi kalimatnya akan lebih bagus dibandingkan redaksi kalimat dari orang yang masih kurang pengalaman.


Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian redaksi dalam jurnalistik secara umum ya ! Semoga artikel pengertian redaksi berita ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Lihat juga pengertian turn back crime 🙂