PENGERTIAN REFERENDUM FAKULTATIF DAN OBLIGATOR


  • Pengertian referendum fakultatif dan obligator itu apa sih ?
  • Apa itu referendum ?  Apa arti kata referendum ?
  • Apa yang dimaksud dengan referendum fakultatif ?
  • Apa yang dimaksud dengan referendum obligator ?
  • Apa macam macam referendum / jenis-jenis referendum ?

Pengertian Referendum Fakultatif dan Obligator


Pengertian Referendum Fakultatif dan Obligator Menurut Para Ahli

Arti referendum fakultatif dan obligator adalah :

Pengertian referendum obligator adalah referendum yang harus disetujui terlebih dahulu oleh rakyat sebelum hasil referendum seperti undang-undang atau kebijakan dapat dilaksanakan. Contoh dari referendum fakultatif ini biasanya dilakukan terhadap persoalan yang menyangkut hak-hak rakyat seperti penggabungan suatu negara dengan negara lain atau pemisahan diri dari suatu negara.

Pengertian referendum fakultatif adalah referendum yang dilaksanakan setelah suatu kebijakan atau undang-undang diberlakukan. Misalnya ketika sebuah undang-undang telah diumumkan dan diberlakukan kemudian sejumlah orang ada yang menolak undang-undang tersebut dan menginginkan diadakannya referendum. Hasil referendum ini akan menentukan apakah undang-undang tersebut akan tetap diberlakukan atau akan dihapus.


Baru-baru ini kita mendengar berita keluarnya negara Inggris dari Uni Eropa. Hal ini merupakan hasil referendum atau jajak pendapat warga Inggris yang telah dilakukan sebelumnya. Referendum sebelumnya juga telah sering dilakukan oleh negara-negara lain untuk memutuskan suatu persoalan penting yang akan mempengaruhi negara secara keseluruhan seperti perubahan wilayah suatu negara dan amandemen konstitusi suatu negara.

Referendum adalah proses pemungutan suara terhadap seluruh rakyat yang memiliki hak pilih mengenai suatu masalah untuk mengambil keputusan. Kurang lebih sama dengan pemilihan umum, bedanya pada pemilu kita memilih presiden/wakil presiden dan anggota legislatif sementara pada referendum kita menentukan solusi sebuah permasalahan. Biasanya pemerintah akan mengajukan sebuah proposal yang nantinya rakyat dapat memutuskan apakah akan menyetujui atau menolaknya. Proses pelaksanaan referendum juga kurang lebih sama dengan pemilu pada umumnya.

Ada tiga jenis referendum yaitu referendum obligator, referendum fakultatif, dan referendum konsultatif. Hasil referendum tidak serta merta harus dilaksanakan. Ada hasil referendum yang sifatnya mengikat dan ada pula yang tidak. Hasil referendum yang sifatnya mengikat harus dilaksanakan seutuhnya oleh pemerintah. Berbeda dengan hasil referendum yang sifatnya tidak mengikat dimana hasil referendum tidak serta merta harus dilaksanakan melainkan menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi pemerintah dalam mengambil keputusan.

Referendum merupakan hak dan kedaulatan semua negara. Bahkan negara yang belum merdeka sekalipun berhak untuk melaksanakan referendum karena berkaitan dengan hak politik rakyat yang akan menentukan masa depan rakyat itu sendiri. Hak untuk melaksanakan referendum diakui oleh hukum internasional.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian referendum fakultatif dan obligator. Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian referendum dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian ramah lingkungan dan contohnya 🙂