PENGERTIAN REFERENSI BANK


  • Pengertian referensi bank itu apa sih ?
  • Apa itu referensi bank ? Apa arti kata referensi bank?
  • Apa yang dimaksud dengan referensi bank ?

Pengertian Referensi Bank


Pengertian Referensi Bank Menurut Para Ahli

Arti referensi bank adalah :

Pengertian referensi bank adalah surat yang dikeluarkan oleh pihak bank yang berisikan berbagai keterangan mengenai nasabahnya seperti data & kondisi keuangan, hutang dsb. (Dra Suparjati : 2000)

Definisi referensi bank adalah sejenis surat keterangan yang dibuat oleh Bank atas dasar permintaan nasabah. Pada umumnya referensi ini diberikan karena nasabah tersebut mempunyai rekening di bank tersebut. (A. Ifham Sholihin : 2010)


Ada yang berpengalaman mengurus tender? Bagi teman-teman yang pernah mengurus syarat-syarat keikutsertaan dalam sebuah tender pasti mengetahui bahwa salah satu syarat yang diperlukan adalah referensi bank, dalam hal ini tentu saja referensi bank mengenai perusahaan yang akan mengikuti tender. Lalu apa itu referensi bank?

Pengertian referensi bank adalah keterangan dalam bentuk surat yang dikeluarkan oleh pihak bank tempat seseorang atau badan usaha melakukan aktivitas keuangannya yang berisi mengenai kepribadian orang atau badan usaha tersebut selaku nasabah seperti kondisi rekening, kejujuran, kedisiplinan, dan lain-lain.

Dengan adanya referensi bank ini maka pihak penyelenggara tender dapat mengetahui kondisi keuangan dan kepribadian perusahaan yang akan mengikuti tender sehingga dapat dijadikan pertimbangan dalam menentukan pemenang tender. Jangan sampai perusahaan yang memenangkan tender termasuk dalam daftar hitam bank, kondisi keuangannya tidak stabil, dan lain sebagainya. Karena berisi berbagai informasi rahasia maka referensi bank ini sifatnya juga rahasia.

Tidak hanya untuk syarat dalam keikutsertaan tender, referensi bank juga diperlukan ketika seseorang akan mengurus visa, melanjutkan sekolah di luar negeri, dan lain-lain. Dengan informasi yang ada pada referensi bank pihak imigrasi dapat mempertimbangkan apakah yang bersangkutan mampu secara finansial untuk beraktivitas di luar negeri seperti berlibur dan bekerja.

Demikian pula ketika seseorang akan melanjutkan pendidikan di luar negeri, penyelenggara pendidikan tentu perlu mengetahui apakah orang tersebut mampu membiayai pendidikannya apalagi jika ia tidak mengikuti program beasiswa dan hanya mengandalkan biaya pribadi.

Untuk mendapatkan referensi bank tidaklah sulit. Kita tinggal membuat surat permohonan mengenai pembuatan referensi bank disertai syarat-syarat lain sesuai dengan tujuan pembuatan surat referensi ditambah dengan biaya administrasi.

Misalnya dalam permohonan referensi bank untuk mengikuti lelang biasanya disertakan dokumen seperti surat undangan atau pengumuman lelang serta surat-surat yang menyangkut legalitas perusahaan seperti NPWP, kartu identitas pengurus, surat izin usaha, dan lain sebagainya. Biaya administrasi yang ditetapkan masing-masing bank beragam seperti 50 ribu, 100 ribu, 150 ribu, dan lain-lain. Dan sebagai catatan kita hanya bisa meminta referensi bank di kantor cabang dimana kita membuka rekening.


Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian referensi bank secara umum ya ! Lihat juga pengertian industri reproduktif 🙂