PENGERTIAN REFERENSI BESERTA CONTOHNYA


  • Pengertian referensi beserta contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu referensi ? Apa arti referensi bank ?
  • Apa yang dimaksud dengan referensi ?
  • Apa maksud referensi dalam lamaran kerja ?
  • Apa definisi referensi dan contohnya ?

Pengertian Referensi dan Contohnya


Pengertian Referensi Menurut Para Ahli

Arti referensi adalah :

Pengertian referensi adalah rujukan atau sumber acuan. Dalam penulisan, referensi adalah suatu cara untuk mengakui ide-ide serta sumber informasi yang digunakan dalam penulisan sebuah dokumen. Tujuan referensi adalah untuk menghindari plagiarisme serta memungkinkan pembaca untuk menemukan karya penulis yang dikutip dan menindaklanjutinya.

Pengertian referensi pekerjaan adalah rujukan dari suatu perusahaan yang menerangkan bahwa seseorang dahulunya pernah bekerja diperusahaan tersebut. Referensi pekerjaan berguna sebagai bukti pengalaman yang valid bagi seorang pelamar kerja.


Kata referensi berasal dari bahasa Inggris yaitu refer to yang berarti berpaling atau merujuk. Sehingga, referensi dapat diartikan sebuah rujukan yang menggambarkan informasi dari sumaber yang terkait. Secara umum pengertian referensi adalah sejumlah informasi yang tertulis dalam sebuah buku yang ditinjau dan telah dinilai tentang sumber penulisnya. Di dalam referensi tersebut dimuat beberapa informasi seperti nama penulis atau pengarang, nama buku, tahun buku dan tahun terbit buku tersebut.

Referensi biasanya banyak digunakan untuk keperluan penelitian atau study, itu artinya referensi adalah bahan informasi atau bahan rujukan yang mutakhir yang digunakan sebagai acuan. Dalam penulisan karya ilmiah, apabila menggunakan informasi yang lengkap maka kualitas karya ilmiah tersebut semakin bagus. Referensi juga digunakan untuk menyokong atau memperkuat pernyataan dengan tegas.

Biasanya, dalam pencarian referensi sebagai buku acuan dapat diperoleh dari buku-buku yang ada di perpustakaan. Namun, seiring dengan perkembangan jaman, maka referensi dapat didapatkan melaui internet, baik berupa e-book atau jurnal-jurnal ilmiah online yang didapat dari situs terpercaya.

Merupakan hal yang sangat penting untuk menuliskan buku referensi dalam karya ilmiah, baik berupa jurnal, buku, makalah, artikel, majalah, skripsi, tesis, desertasi, dan lain-lain. Penulisan referensi merupakan suatu hal yang wajib dalam karya ilmiah. Dengan penulisan referensi tersebut, maka karya ilmiah tidak dikategorikan sebagai kejahatan dalam penelitian. Selain itu, referensi memudahkan pembaca dalam mencari atau menelusuri sumber asli dari suatu karya ilmiah.

Refensi juga membantu penulis untuk mengurangi tanggung jawabnya apabila terjadi kesalahan pada teori yang diajukannya karena pembaca akan merujuk pada referensi yang ditujukan penulis tersebut. Jadi, tujuan referensi bagi penulis karya ilmiah adalah sebagai peta perjalanan dari belakang hingga ke penulis karya ilmiah yang sekarang. Dengan adanya referensi maka penulis karya ilmiah memiliki bekal yang cukup untuk memandu perjalanan ilmiahnya.

Adapun wujud referensi / contoh referensi tersebut adalah bukti, berupa contoh-contoh, data statistik, kesaksian, atau nilai-nilai yang dianut oleh beberapa orang yang menerima argumentasi. Terkadang, referensi juga bisa didapatkan dari kredibilitas informan atau pemberi informasi.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian referensi beserta contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian referensi dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian pindai 🙂