PENGERTIAN REGIONAL DAN CONTOHNYA


  • Pengertian regional dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu regional ? Apa arti kata regional ?
  • Apa yang dimaksud dengan regional complects approach ?
  • Apa pengertian regional dalam studi geografi ?
  • Apa pengertian hubungan regional ?

Pengertian Regional


Pengertian Regional Menurut Para Ahli

Arti regional adalah :

Pengertian regional adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan karakteristik wilayah geografis tertentu seperti kota, kabupaten, dan daerah lainnya sebagai bagian dari suatu negara.

Definisi regional adalah suatu kota atau daerah yang berdiri sendiri yang sudah menyatu dengan kota lain secara fisik meskipun belum tercipta suatu tatanan megalopolis yang teratur (Russwurm : 1975)

Pengertian hubungan regional adalah hubungan antar negara yang terjalin dengan berdasarkan letak geografis dari negara-negara anggotanya. Contoh hubungan regional adalah Assosiation South East Asia Nations (ASEAN) yang merupakan asosiasi negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara.

Pengertian perdagangan antar regional adalah perdagangan antara negara-negara tertentu dalam suatu kelompok negara yang didasarkan atas suatu perjanjian komunitas negara tertentu dengan mempertimbangkan geografi, sejarah, bahasa, dan sebagainya yang pada umumnya bertujuan untuk mengurangi berbagai hambatan dalam perdagangan atas dasar resiprokal atau preferensi.

Pengertian regional dalam studi geografi adalah bagian-bagian dari geosfer yang diteliti dan ditelaah dengan menggunakan pendekatan geografi. Dengan demikian regional juga termasuk dalam bagian ilmu geografi. (Hartono : 2007 dalam buku Geografi : Jelajah Bumi dan Alam Semesta)

Pengertian regional complects approach adalah suatu pendekatan geografi yang mengkombinasikan pendekatan keruangan (Spatial Approach) dan pendekatan kelingkungan (Ecological Approach). Contoh : Jakarta banjir dikarena hujan lebat yang bersumber di Bogor.


Kata regional merupakan salah satu kata yang digunakan untuk menunjukkan suatu lingkup/area tertentu. Kata regional memiliki pola pembentukan yang sama dengan kata internasional, yakni dengan penambahan partikel –al dibelakang suatu kata benda tertentu. Region sendiri berasal dari bahasa Inggris yang berarti daerah, wilayah, atau kawasan tertentu. Oleh karenanya secara sederhana dapat disimpulkan bahwa regional berarti merujuk kepada suatu kawasan atau wilayah tertentu.

Kata regional memang merujuk pada suatu kawasan. Kawasan disini memang tidak dispesifikkan luasnya. Akan tetapi biasanya kata regional hanya digunakan untuk merujuk pada kawasan yang terdapat beberapa negara didalamnya. Misalnya Indonesia, Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Singapura biasa disebut sebagai regional Asia Tenggara. Contoh lainnya Brasil, Argentina, Chile, Kolombia serta Venezuela disebut sebagari regional Amerika Selatan.

Istilah regional sering disandingkan dengan kata kerjasama atau perdagangan. Kerjasama regional ini banyak dilakukan oleh berbagai negara di dunia. Misalnya kita mengenal adanya ASEAN sebagai organisasi kerjasama regional kawasan Asia Tenggara. Contoh lainnya kita kenal organisasi EU (European Union / Uni Eropa) yang merupakan organisasi kerjasama regional di kawasan Eropa. Organisasi semacam ini didirikan untuk mewadahi kerjasama lintas negara yang terjadi pada kawasan tertentu. Kesamaan letak geografis, persamaan nasib dan budaya yang tak jauh berbeda menjadi pengikat dalam keberlangsungan organisasi ini.

Perkembangan zaman juga memunculkan sesuatu yang kita kenal sebagai perdagangan regional. Transaksi antara pembeli dengan penjual di masa sekarang memang nyatanya tak hanya terjadi dalam lingkup antarkota saja. Perdagangan antarnegara bahkan sudah sangat marak di akhir abad ke-19. Adanya perdangangan regional secara khusus pada dasarnya memudahkan akses tiap warga negara yang ada didalamnya untuk melakukan transaksi ekonomi antarnegara. Sebab apabila suatu negara belum pernah menggelar kesepakatan perdagangan dengan negara lain sangat dimungkinkan terjadinya konflik pada salah satu pihak. Oleh karena itulah dibentuk perdagangan regional yang lebih jelas keterjaminannya.

Sampai disini tentu Anda sudah benar-benar mengerti tentang pengertian regional. Bahkan Anda juga sudah mengerti tentang cara penggunaan serta konteks yang sesuai dengan kata regional. Jadi jangan sampai salah lagi ya.


Oke itulah penjelasan singkat tentang definisi regional & contoh regional. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian regional dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian ekspektasi 🙂