PENGERTIAN REGULASI DALAM BIOLOGI


  • Pengertian regulasi dalam biologi itu apa sih ?
  • Apa itu regulasi ? Apa arti kata regulasi ?
  • Apa yang dimaksud dengan regulasi dalam biologi ?
  • Apa definisi regulasi dalam biologi ?
  • Apa contoh regulasi dalam biologi ?

Pengertian Regulasi Dalam Biologi


Pengertian Regulasi Menurut Para Ahli

Arti regulasi pada biologi adalah :

Pengertian regulasi pada biologi adalah aturan sistem yang terdapat di dalam tubuh makhluk hidup yang berguna agar makhluk hidup bisa hidup secara seimbang, serasi dan selaras.


Pengertian regulasi pada biologi adalah keseluruhan sistem pengatur tubuh manusia. Aktivitas tubuh manusia seperti lari, makan, tidur, belajar, semuanya di atur dalam sebuah sistem yang dinamakan sistem regulasi. Sistem pengatur atau sistem regulasi yang ada dalam tubuh manusia diantaranya adalah sistem saraf, sistem hormon dan sistem indera.

Di dalam tubuh manusia terdapat banyak organ tubuh dengan fungsi tertentu yang akan menunjang aktivitas harian manusia. Sistem saraf dapat bekerja dengan cepat dalam menanggapi perubahan. Sistem hormon bekerja dengan lambat. Dan sistem indera adalah reseptor rangsangan dari luar.

Sistem Saraf

Sistem saraf terdiri atas sel- sel saraf aatu neuron. Sel saraf terdiri dari badan sel, inti sel, akson, dendrit, sel schwan, selubung myelin dan nodus ranvier. Sel saraf memiliki beberapa fungsi. Diantaranya sel saraf yang berfungsi menerima rangsang atau reseptor disebut dengan saraf sensori. Sel saraf yang berfungsi membawa rangsangan dari otak menuju ke efektor disebut dengan saraf motorik. Sedangkan sel saraf yang menhubungkan kedua sel saraf lainnya (neuron sensori dan neuron motori) disebut neron intermediat.

Cara penghantaran impuls pada sel saraf terjadi dengan dua cara, cara yang pertama yaitu melalui perubahan muatan listrik pada sel saraf dan melaui sinapsis gerakan manusia, baik itu gerakan biasa atau gerakan refleks. Pada gerakan biasa, cara penghantaran impuls bergerak  melaui jalur neuron sesnsori ke interneuron ke otak, ke neuron, ke motori dan ke afektor. Dan pada gerakan refleks, penghantaran impuls bergerak melalui sumsum tulang belakang.

Sistem saraf manusia terbagi menjadi sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi. Sistem saraf pusat meliputi susmsum tulang belakang dan otak, sedangkan sistem saraf tepi terbagi atas sitem saraf sadar dan sistem saraf tak sadar, sistem saraf tak sadar terbagi lagi menjadi sistem saraf simpatik dan sistem saraf parasimpatik.

Sistem Hormon

Hormon adalah zat kimia yang yang diperoleh dari kelenjar buntu atau kelenjar endokrin. Hormon mengatur aktivitas tubuh manusia seperti pertumbuhan, reproduksi dan metabolisme. Perubahan yang dilakukan oleh hormon biasanya memerlukan waktu yang lama maupun panjang. Tapi ada juga hormon yang bekerja dalam waktu yang relatif cepat, contohnya seperti hormon adrenalin yang memicu percepatan frekuensi dan kecepatan denyut jantung yang terjadi ketika manusia terkejut.

Sistem Indera

Alat indera pada manusia adalah suatu alat tubuh yang mampu menerima rangsang tertentu. Yang memiliki sel-sel reseptor khusus untuk membaca perubahan lingkungan sekitar. Adapun indera yang dimiliki manusia yaitu penglihatan, pendengaran, peraba, pengecap dan pembau.


Oke itulah penjelasan pengertian regulasi dalam biologi secara singkat. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian regulasi dalam pelajaran biologi secara umum ya ! Lihat juga pengertian referensi beserta contohnya 🙂