PENGERTIAN RELEVANSI


  • Pengertian relevansi dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu relevansi nilai ? Apa arti kata relevansi ?
  • Apa yang dimaksud dengan relevansi pendidikan ?
  • Apa pengertian relevansi dalam akuntansi ?
  • Apa pengertian relevansi pancasila ?

Pengertian Relevansi


Pengertian Relevansi Menurut Para Ahli

Arti relevansi adalah :

Pengertian relevansi adalah keterkaitan, hubungan atau kecocokan.

Pengertian relevansi pendidikan adalah kesesuaian antara kemampuan / skill yang diperoleh melalui jenjang pendidikan dengan kebutuhan pekerjaan. (Ali : 2009). Dengan demikian, kurikulum atau program pendidikan haruslah disesuaikan dengan tuntutan hidup ataupun kebutuhan pekerjaan di kehidupan nyata. Contoh relevansi pendidikan : Lulusan SMK Akuntansi dan Mahasiswa Fakultas Ekonomi jurusan akuntansi mempunyai relevansi yang tinggi dengan pekerjaan akuntan publik, auditor dan accounting officer.

Pengertian relevansi dalam akuntansi adalah kemampuan suatu informasi akuntansi untuk membantu si pemakai dalam membedakan beberapa alternatif keputusan yang ada sehingga si pemakai tersebut bisa menetapkan pilihannya dengan mudah. (Suwardjono, 2010)

Pengertian relevansi nilai informasi akuntansi adalah suatu kemampuan informasi akuntansi untuk menjelaskan nilai perusahaan berdasarkan nilai pasar yang berguna bagi investor untuk mengambil keputusan investasi. (Subekti : 2010)

Pengertian relevansi pancasila adalah hal-hal yang terkait dalam ideologi pancasila sebagai identitas negara seperti nasionalisme, mengakui kedaulatan rakyat, berketuhanan dan berkeadilan sosial.

Pengertian relevansi dongeng adalah keterkaitan atau kesesuaian isi dongeng dengan kehidupan pada saat sekarang ini.


Apakah kamu pernah mendengar kata relevansi ? Relevansi itu sangat erat sekali hubungannya dengan kehidupan ini. Hal-hal yang ada di dunia ini semua saling terikat satu sama lain, saling melengkapi satu sama lain.

Oke, sebelum mengenal revelansi, ada baiknya kamu mengenal kata relevan. Kenapa dengan relevan ? Relevansi itu memiliki kata dasar relevan, jadi kata relevansi itu bentuk pengembangan dari kata relevan.

Relevan sendiri memiliki arti yang berarti bersangkut-paut atau berguna secara langsung. Sedangkan pengertian relevansi adalah hubungan antara dua hal yang saling terikat jika kedua hal tersebut dicocokkan satu sama lain, maka hal tersebut saling berhubungan satu sama lain

Secara umum, konsep relevansi adalah bagaimana cara kita saat mencoba menghubungkan konsep satu topik dengan konsep topik yang lainnya dengan cara bersamaan mempertimbangkan topik pertama dan topik kedua.

Kita ambil contoh di dalam dua bidang, yaitu bidang ilmu Fisika dan ilmu Geografi. Kita tahu bahwa air dari gunung itu selalu turun ke bawah. Kenapa itu bisa terjadi ? Hal tersebut terjadi karena adanya gaya gravitasi yang mempengaruhi dari gerak air tersebut. Dari sini kita bisa melihat adanya keterkaitan antara ilmu fisika dan geografi, hal ini dikarenakan sejatinya fisika adalah induk sains dari ilmu geografi.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian relevansi dan contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian relevansi secara umum ya ! Lihat juga pengertian nasihat 🙂