PENGERTIAN RELIGIUS


  • Pengertian religius dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu religius ? Apa arti kata religius ?
  • Apa yang dimaksud dengan religius ?
  • Apa definisi religius dan contohnya ?
  • Apa makna religius ?

Pengertian Religius


Pengertian Religius Menurut Para Ahli

Arti religius adalah :

Pengertian religius adalah suatu sikap dan perilaku yang taat / patuh dalam menjalankan ajaran agama yang dipeluknya, bersikap toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, serta selalu menjalin kerukunan hidup antar pemeluk agama lain. (T. Ramli : 2003)

Definisi religius adalah suatu cara pandang seseorang mengenai agamanya serta bagaimana orang tersebut menggunakan keyakinan atau agamanya dalam kehidupan sehari-hari. (Earnshaw : 2000)


Kata religi berasal dari bahasa asing yaitu religion yang berarti agama atau kepercayaan akan adanya kekuatan kodrati di atas manusia. Sedangkan religius berasal dari kata religious yang artinya sifat religi yang terdapat pada diri seseorang.

Religius dideskripsikan sebagai sikap dan perilaku yang patuh dalam beribadah sesuai dengan agama yang dianutnya, toleran kepada penganut agama lainnya dan mampu hidup dengan rukun. Karakter religius sangat penting dalam kehidupan seseorang dan menjadi sikap hidup yang mengacu pada tatanan dan larangan sikap yang telah diatur dalam aturan agamanya.

Contoh religius : Pak Budi sedang mengadakan pesta pernikahan anaknya, ketika adzan dzuhur ia menghentikan musik dan menyuruh para tamu undangan untuk melaksanaan shalat dzuhur secara berjamaah. Hal ini menunjukkan bahwa Pak Budi mempunyai karakter religius / sikap religius.

Dalam kehidupan pemeluknya, agama menjadi hal yang sangat penting dan sangat mendasar sebagai pedoman hidup atau pandangan hidupnya. Pandangan hidup adalah konsep yang dimiliki seseorang atau sekelompok orang mengenai kehidupannya. Dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya merupakan sesuatu yang dipandang sangat berharga dalam hidupnya yang juga mempengaruhi sikap hidupnya. Setiap manusia memiliki pandangan hidup yang berbeda-beda sesuai dengan agama yang dianutnya, sehingga agama yang dianut setiap manusiapun berbeda-beda.

Pandangan hidup yang memiliki nilai-nilai yang bersumber dan berkaitan dengan :

  1. Agama, yaitu sebagai sistem keyakinan yang mendasar, sakral dan menyeluruh mengenai hakikat kehidupan yang terpusat pada Tuhan.
  2. Ideology, sebagai sistem paham yang menjelaskan dan melakukan perubahan dalam kehidupannya, terutama pada kehidupan sosial dan politik.
  3. Filsafat, yang merupakan sistem berfikir radikal, spekulatif dan induk dari pengetahuan-pengetahuan.

Pandangan hidup manusia terwujud dan tercermin pada cita-cita, keyakinan hidup dan yang paling jelas adalah pada tindakan dan perilaku. Pandangan hidup manusia mengarah pada orientasi hidup yang bersangkutan dalam menjalani kehidupan dunia.

Agama merupakan hal yang berposisi dan berperan penting dalam menjalani kehidupan, berfungsi sebagai faktor motivasi untuk bertindak baik sesuai dengan aturan agamanya. Apabila seseorang tidak memiliki pandangan hidup, maka seolah-olah ia merupakan orang buta yang tidak tahu arah dari tujuan hidup yang hakiki.

Pendek kata, sumber nilai yang berlaku dalam kehidupan manusia dapat digolongkan menjadi dua macam. Yang pertama yaitu nilai yang berhubungan dengan Ketuhanan yang berinti pada agama. Dan nilai yang kedua adalah nilai yang berhubungan dengan sesama manusia yang berisi budi pekerti.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian religius dan contohnya. Mudah-mudahan artikel pengertian religius secara umum ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Lihat juga pengertian risalah 🙂