PENGERTIAN RENTAN


  • Pengertian rentan itu apa sih ?
  • Apa itu rentan ? Apa arti kata rentan ?
  • Apa yang dimaksud dengan rentan ?

Pengertian Rentan


Pengertian Rentan Menurut Para Ahli

Arti rentan adalah :

Pengertian rentan adalah sesuatu yang terancam dan mudah mengalami perubahan.

Definisi rentan adalah sangat sensitif / peka atau rawan terhadap sesuatu.


Istilah rentan dalam bahasa Indonesia artinya mudah terkena penyakit. Kita sering menggunakan istilah ini untuk segala sesuatu yang beresiko tinggi terkena penyakit tertentu. Misalnya fakta bahwa wanita lebih rentan mengalami osteoporosis (tulang keropos) dibandingkan laki-laki yang artinya wanita lebih beresiko terserang penyakit osteoporosis dibandingkan laki-laki.

Selain itu rentan juga berarti peka, mudah merasa, tidak stabil, atau mudah mengalami perubahan. Misalnya kondisi keamanan dalam negeri yang tidak kondusif menyebabkan nilai mata uang rentan  mengalami perubahan yang artinya nilai mata uang tidak stabil, mudah naik atau turun.

Indonesia merupakan negara yang rawan bencana. Pada saat terjadi bencana dikenal istilah kelompok rentan yaitu kumpulan orang-orang dengan resiko tinggi ketika menghadapi bencana atau ketika bertahan hidup setelah bencana usai. Orang-orang ini termasuk kelompok rentan karena memiliki keterbatasan fisik, lemah secara mental, atau kondisi-kondisi lainnya. Yang termasuk kelompok rentan ini adalah wanita, anak-anak, orang tua, orang yang memiliki cacat fisik atau keterbelakangan mental, kaum minoritas, dan lain sebagainya.

Wanita termasuk kelompok rentan karena secara fisik tidak sekuat laki-laki sehingga sulit menyelamatkan diri saat terjadi bencana secara tiba-tiba. Selain itu wanita juga lebih emosional sehingga lebih sulit bangkit dan menata kehidupan lagi setelah bencana usai. Apalagi jika wanita sedang dalam kondisi hamil atau menyusui. Kondisi fisik dan mentalnya sedang lemah ditambah lagi kekhawatiran terhadap anaknya.

Orang dengan kebutuhan khusus juga termasuk kelompok rentan saat terjadi bencana. Kekurangan fisik dan mental yang dimiliki membuat mereka sulit memahami dan melaksanakan instruksi evakuasi sehingga sulit menyelamatkan diri sendiri ketika terjadi bencana.

Anak-anak termasuk kelompok rentan ketika terjadi bencana. Mereka belum mampu berpikir seperti orang dewasa dan menyelamatkan diri sendiri sehingga mereka sering menjadi korban ketika terjadi bencana. Kalaupun berhasil selamat masih ada ancaman trauma yang menghinggapi anak-anak korban bencana yang dapat mempengaruhi kondisi mentalnya hingga dewasa.

Pada saat terjadi bencana kelompok rentan ini perlu mendapat perhatian khusus karena ketidakberdayaan mereka menghadapi bencana. Diharapkan mereka dapat segera bangkit dan memulai hidup baru.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian arti rentan. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian rentan secara umum ya ! Lihat juga pengertian obat generik dan obat paten 🙂