PENGERTIAN RESEPSI PERNIKAHAN


  • Pengertian resepsi pernikahan itu apa sih ?
  • Apa itu resepsi pernikahan ?
  • Apa arti kata resepsi pernikahan ?
  • Apa yang dimaksud dengan resepsi pernikahan ?
  • Apa saja yang harus dipersiapkan untuk resepsi pernikahan ?

Pengertian Resepsi Pernikahan


Pengertian Resepsi Pernikahan Menurut Para Ahli

Arti resepsi pernikahan adalah :

Pengertian resepsi pernikahan adalah acara pertemuan atau perjamuan (bisa resmi atau tidak resmi) untuk menerima tamu yang dilaksanakan dalam rangka pernikahan. Di Indonsesia, resepsi pernikahan biasa disebut dengan acara pengantenan.

Definisi resepsi pernikahan adalah acara pesta pernikahan yang dihadiri oleh para undangan dan tamu undangan yang bertujuan untuk mengumumkan bahwa “kita sudah resmi menikah lho” serta sebagai ajang silaturahmi keluarga dan lingkungan sekitar untuk berbagi kebahagiaan.


Tidak lengkap rasanya melangsungkan pernikahan tanpa disertai acara resepsi pernikahan. Mengapa demikian? Karena momen ini diharapkan hanya terjadi sekali seumur hidup. Apalagi jika pernikahan tersebut merupakan pernikahan yang pertama, tidak hanya pasangan yang menikah, pihak keluarga juga sangat ingin mengadakan resepsi pernikahan.

Pada dasarnya pernikahan cukup dilakukan dengan akad nikah (dalam agama islam) dihadapan penghulu. Jika hal ini sudah dilakukan maka pasangan tersebut telah sah menikah secara agama dan hukum negara. Hanya saja di Indonesia  pernikahan lazim diikuti dengan acara resepsi pernikahan, bisa pada waktu yang sama atau berbeda dengan pelaksanaan akad nikah.

Resepsi pernikahan dilakukan sebagai ungkapan kegembiraan dan rasa syukur serta sebagai bentuk pemberitahuan bahwa pasangan tersebut telah resmi menjadi suami istri sehingga tidak menimbulkan fitnah di masyarakat. Acara resepsi pernikahan juga dapat dijadikan sarana untuk berkumpulnya keluarga besar dan mempererat tali silaturahmi. Sanak keluarga yang berada di tempat yang jauh biasanya akan menyempatkan diri menghadiri acara pernikahan.

Untuk melaksanakan sebuah acara resepsi pernikahan biasanya perlu perencanaan. Mulai dari jumlah undangan, penentuan lokasi pesta, penyewaan baju pengantin dan tenda, pengisi acara, katering untuk makanan dan minuman yang akan dihidangkan, sampai urusan bersih-bersih dan keamanan. Bahkan untuk melaksanakan ini semua biasanya dibentuk sebuah kepanitiaan khusus untuk pelaksanaan resepsi pernikahan. Anggotanya biasanya adalah keluarga dan tetangga sekitar. Setelah acara selesai biasanya kepanitian ini pun dibubarkan.

Di daerah perkotaan yang masyarakatnya sibuk bekerja biasanya menggunakan jasa wo atau wedding organizer. Pasangan yang akan menikah tinggal mendatangi wo dan menentukan bagaimana resepsi pernikahan yang diinginkan seperti desain undangan, desain busana pengantin, berapa tamu yang akan diundang, dan lain sebagainya.

Nantinya pihak wo lah yang akan mengurus segala keperluan, pelaksanaan acara, sampai acara selesai. Resepsi pernikahan biasanya diadakan di gedung sehingga tidak merepotkan tuan rumah. Berbeda dengan masyarakat pedesaan yang biasanya melangsungkan pernikahan di kediaman pribadi dan dilaksanakan secara gotong royong dengan tetangga sekitar.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian dari resepsi pernikahan. Semoga artikel pengertian resepsi pernikahan ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Lihat juga pengertian resepsionis 🙂