PENGERTIAN RESEPSIONIS


  • Pengertian resepsionis hotel itu apa sih ?
  • Apa itu resepsionis ? Apa arti kata resepsionis ?
  • Apa yang dimaksud dengan resepsionis ?
  • Apa pengertian resepsionis rumah sakit ?
  • Apa pengertian resepsionis hotel menurut para ahli ?

Pengertian Resepsionis


Pengertian Resepsionis Menurut Para Ahli

Arti resepsionis adalah :

Pengertian resepsionis adalah petugas hotel yang bertugas melayani tamu yang check-in dan kemudian memprosesnya hingga tamu tersebut mendapatkan kamar yang diinginkannya (Endar Sugiarto : 1999)

Definisi resepsionis adalah seseorang yang pertama kali menyambut dan menerima tamu hotel, memeriksa tamu yang masuk dan keluar, menyimpan catatan dengan tangan atau komputer, mendaftarkannya lalu mencarikan kamar yang mau ditempati dan menyediakan berbagai informasi yang berhubungan dengan fasilitas di dalam ataupun di luar hotel. (J.Martin : 1991)

Pengertian resepsionis rumah sakit adalah orang yang bertugas menerima tamu di rumah sakit dan sekaligus menjadi mediator antara dokter dengan pasien serta mengelola berbagai data penting pasien di rumah sakit.

Pengertian resepsionis perusahaan adalah karyawan yang bertugas menerima tamu di dalam kantor perusahaan. Resepsionis perusahaan biasanya bertugas menerima dan menghubungkan telepon ke orang-orang di dalam kantor atau departemen yang terkait.


Setiap kali kita memasuki sebuah perusahaan, hotel, atau rumah sakit, tempat pertama yang akan kita temui adalah meja resepsionis yang biasanya terletak di lobi bangunan. Biasanya resepsionis akan menanyakan kepentingan pengunjung dan memberikan informasi yang relevan sesuai kebutuhan pengunjung.

Pengunjung sebuah hotel atau perusahaan tentu belum mengenal dengan baik gedung yang didatangi sehingga sangat penting bagi pengunjung untuk menemui resepsionis dan mengutarakan keperluannya. Sehingga pengunjung dapat langsung menemui orang yang tepat atau menemukan lokasi yang ingin dikunjungi. Jika tidak tentu tamu akan kesulitan menemukan orang atau lokasi yang dituju.

Resepsionis adalah karyawan yang tugas utamanya menerima pengunjung atau tamu dan memberikan informasi yang tepat kepada tamu jika dibutuhkan. Dapat dikatakan resepsionis adalah orang pertama yang akan ditemui oleh semua tamu sehingga kesan yang diperoleh tamu dari resepsionis sangat penting.

Tamu tentu ingin disambut dengan kesan yang baik. Oleh karena itu seorang resepsionis harus berpenampilan menarik secara fisik, dapat berkomunikasi dengan baik dan sopan, serta memiliki pengetahuan yang mumpuni dalam bidangnya sehingga dapat melayani tamu dengan baik. Kesan yang diperoleh dari seorang resepsionis sedikit banyak akan berdampak kepada citra perusahaan. Oleh karenanya pekerjaan sebagai resepsionis tidak bisa dipandang remeh.

Untuk menunjang kelancaran pekerjaannya seorang resepsionis sebaiknya memiliki kemampuan berbicara lebih dari satu bahasa. Selain mampu berbahasa Indonesia yang baik dan benar, seorang resepsionis harus mampu minimal berbahasa Inggris sehingga dapat melayani tamu khususnya orang asing dengan baik. Tamu tentu menjadi tidak nyaman ketika resepsionis tidak memahami apa yang dibicarakan.

Selain tugas pokoknya resepsionis memiliki tugas-tugas lain diantaranya menerima telepon dan email masuk dan kemudian menyambungkan atau menyampaikannya kepada orang atau bagian yang dituju, menghubungi orang atau perusahaan tertentu sesuai keperluan, menyampaikan pesan baik kepada internal maupun eksternal perusahaan jika ada pesan yang ditinggalkan, mendokumentasikan pekerjaan seperti mencatat kedatangan tamu dan mencatat telepon yang masuk atau keluar, membuat laporan-laporan, serta membantu tugas sekretaris dan bagian admininstrasi ketika tugas pokoknya sudah selesai seperti ketika pengunjung sedang sepi.


Itulah penjelasan singkat mengenao pengertian resepsionis dan tugasnya. Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian resepsionis secara umum ya ! Lihat juga pengertian traveller cheque 🙂