PENGERTIAN RESESIF DAN DOMINAN


  • Pengertian resesif dan dominan itu apa sih ?
  • Apa pengertian resesif dalam biologi ?
  • Apa itu resesif dan dominan ?
  • Apa pengertian resesif dan contohnya?
  • Apa yang dimaksud dengan resesif dan dominan ?

Pengertian Resesif dan Dominan


Pengertian Resesif dan Dominan Menurut Para Ahli

Arti resesif dan dominan adalah :

Pengertian resesif adalah pembawa sifat atau gen yang memberikan pengaruh tidak secara langsung dan pada umumnya akan muncul pada saat bertemu dengan gen yang sama-sama resesif pada generasi selanjutnya. Sifat resesif tidak selalu tampak perwujudannya dan setiap generasi. Contohnya seorang Ibu yang mempunyai rambut yang ikal, namun tidak ada seorangpun dari anak-anaknya yang berambut ikal. Jadi gen rambut ikal ini adalah gen yang bersifat resesif.

Pengertian dominan adalah gen yang memberi pengaruh langsung dan menjadi ciri atau karakteristik. Sifat dominan ini akan selalu muncul pada setiap generasi. Contohnya seorang Ayah yang mempunyai kulit hitam yang menikah dengan wanita berkulit putih, semua anak-anaknya tidak satupun yang berkulit putih. Maka gen kulit hitam ini merupakan gen yang bersifat dominan.


Resesif merupakan salah satu istilah yang banyak digunakan dalam bidang ilmu genetika. Genetika sendiri merupakan salah satu bidang dalam ilmu biologi yang mempelajari dan mengkaji perihal penurunan sifat dari suatu makhluk hidup. Bagaimana sifat yang dimiliki oleh kedua orangtua (parental) diwariskan kepada anaknya (filial) dibahas secara mendalam dalam bidang genetika.

Di dalam ilmu genetika ini dikenal istilah gen. Gen secara sederhana merupakan suatu struktur yang membawa sifat tertentu. Misalnya dikenal gen mata biru, gen hidung mancung, gen kulit putih, dan lain-lain. Gen tersebut dapat dikategorikan ke dalam 2 kelompok utama, yakni gen yang bersifat dominan dan gen yang bersifat resesif. Gen yang bersifat dominan berarti gen yang kuat sehingga mampu menunjukkan sifat yang ia miliki sementara gen yang bersifat resesif berarti gen yang lebih lemah sehingga tidak mampu menunjukkan sifat yang ia miliki kecuali dalam kondisi tertentu.

Untuk mempermudah misalnya terdapat gen dominan kulit cokelat dan gen resesif kulit putih. Maka apabila didalam DNA seorang anak terdapat gen warna kulit yang dominan, maka kulitnya akan berwarna cokelat. Sementara apabila didalam DNA anak tersebut terkandung gen warna kulit resesif maka kulitnya akan berwarna putih.

Secara sederhana gen dilambangkan dengan pasangan huruf tertentu yang disebut alel. Alel yang ditulis dengan huruf besar/huruf capital berarti mengandung gen yang dominan sementara gen yang ditulis dengan huruf kecil mengandung gen resesif. Misalkan dalam kasus warna kulit tadi, kulit cokelat dapat dilambangkan dengan huruf W (besar) dan kulit putih dilambangkan dengan huruf w (kecil). Maka apabila didalam DNA seorang anak terdapat gen WW, kulitnya pasti berwarna cokelat. Kulit putih hanya akan didapatkan oleh anak yang memiliki gen ww.

Lantas bagaimana dengan anak yang memiliki gen Ww? Sesuai namanya, sifat dominan tentu lebih dominan sehingga sifat yang ia bawa akan mengalahkan sifat yang resesif. Akibatnya anak dengan gen Ww akan memiliki warna kulit cokelat. Perbedaannya dengan pemilik gen WW terletak pada seberapa cokelat warna kulit tersebut. Pemilik gen WW tentu memiliki warna kulit yang lebih cokelat jika dibandingkan dengan pemilik gen Ww apalagi gen ww. Dari sini kita juga bisa menarik kesimpulan bahwa gen resesif hanya dapat muncul apabila berpasangan dengan gen resesif lain.


Nah itulah penjelasan pengertian resesif dan dominan secara singkat. Mudah-mudahan kalian bisa memahami apa perbedaan pengertian antara sifat dominan dan resesif secara umum ya ! Lihat juga pengertian dinamika menurut para ahli 🙂