PENGERTIAN RESOLUSI KONFLIK


  • Pengertian resolusi konflik itu apa sih ?
  • Apa itu resolusi konflik ?
  • Apa arti kata resolusi konflik ?
  • Apa yang dimaksud dengan resolusi konflik ?

Pengertian Resolusi Konflik


Pengertian Resolusi Konflik Menurut Para Ahli

Pengertian resolusi konflik adalah suatu proses yang memungkinkan seseorang untuk memecahkan konflik dalam sebuah metode, gaya, cara dan sikap yang baik serta konstruktif. (Schenkel : 2000)

Definisi resolusi konflik adalah suatu kemampuan untuk menyelesaikan suatu perbedaan yang memerlukan keterampilan dalam bernegosiasi, berkompromi dan berkeadilan. (Mindes : 2006)

Pengertian resolusi konflik adalah suatu upaya untuk menangani berbagai sebab konflik dan kemudian berusaha untuk membangun suatu hubungan baru yang bisa bertahan lama di antara pihak-pihak yang berseteru. (Fisher et al : 2001)

Arti resolusi konflik adalah suatu proses komunikasi interpersonal yang digunakan oleh dua pihak yang berkonflik untuk mencapai sebuah titik kesepakatan yang baik serta memuaskan. (Omoluabi : 2001)


Setiap manusia unik dan berbeda. Bahkan sepasang anak kembar identik pun memiliki keunikan masing-masing. Karena perbedaan itulah dalam kehidupan sosial di masyarakat timbul konflik. Contoh sederhananya pada sebuah zebra cross. Ketika pejalan kaki sedang menyebrang ada sebuah mobil yang akan melewati zebra cross tersebut. Peristiwa mobil yang terhalang oleh pejalan kaki ini telah dapat disebut konflik. Dapat kita lihat betapa mudahnya sebuah konflik terjadi. Untuk meminimalisir dan mengatasi konflik ini maka dibuatlah lampu lalu lintas yang mengatur kapan pejalan kaki boleh menyeberang dan kendaraan harus berhenti.

Untuk itu setiap orang memerlukan kemampuan menemukan resolusi konflik. Pengertian resolusi konflik adalah kemampuan untuk menemukan cara menyelesaikan masalah atau konflik antar individu secara sukarela. Dimana solusi yang didapatkan merupakan hasil kesepakatan pihak-pihak yang berkonflik yang sifatnya demokratis dan konstruktif (membangun) sehinggga semua pihak merasa puas. Resolusi konflik dapat dilakukan cukup oleh para pihak yang berkonflik atau dapat melibatkan orang ketiga yang netral, adil, dan bijak yang dapat membantu penyelesaian konflik.

Dalam menyelesaikan konflik dibutuhkan kemampuan-kemampuan tertentu seperti kemampuan orientasi, kemampuan persepsi, kemampuan emosi, kemampuan komunikasi, serta kemampuan berpikir kreatif dan kritis.

Untuk mencapai resolusi konflik pertama sekali seseorang harus memiliki kemampuan peninjauan dan pemahaman terhadap konflik yang sedang terjadi serta didukung pula oleh sikap-sikap positif seperti adil, jujur, toleransi, anti kekerasan, dan lain sebagainya. Selain itu juga dibutuhkan kemampuan memandang konflik dari berbagai sisi sehingga kita memiliki pemahaman yang lebih luas mengenai konflik yang terjadi serta tidak mudah atau cepat menyalahkan salah satu pihak.

Konflik biasanya melibatkan emosi tingkat tinggi sehingga untuk mendapatkan resolusi konflik diperlukan kemampuan pengendalian emosi yang baik. Kemudian juga diperlukan kemampuan komunikasi yang baik seperti kemampuan mendengarkan orang lain, memahaminya, serta menyampaikan pemikiran atau pendapat sekomunikatif mungkin sehingga maksudnya tersampaikan dengan baik.

Kemampuan lain yang diperlukan adalah kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Dengan berpikir kritis kita dapat menganalisa masalah dengan lebih logis sehingga dapat memahami konflik dengan lebih baik. Sementara dengan kemampuan berpikir kreatif kita dapat menemukan berbagai alternatif resolusi konflik terbaik bagi semua pihak.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian resolusi konflik & jenis jenis resolusi konflik. Semoga artikel pengertian resolusi konflik secara umum ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua ya. Lihat juga pengertian moderator dan tugasnya 🙂