PENGERTIAN RESOLUSI MONITOR


  • Pengertian resolusi monitor itu apa sih ?
  • Apa itu resolusi monitor ?
  • Apa arti kata resolusi monitor ?
  • Apa yang dimaksud dengan resolusi monitor ?
  • Apa pengertian resolusi komputer ?

Pengertian Resolusi Monitor


Pengertian Resolusi Monitor Menurut Para Ahli

Arti resolusi monitor adalah :

Pengertian resolusi monitor adalah jumlah pixel atau dot (titik) pada satuan panjang monitor. Resolusi monitor ini biasa disebut dengan dpi atau dot per inch. (Edi S Mulyanta : 2003)

Definisi resolusi monitor adalah ukuran seberapa banyak jumlah pixel yang ditampilkan pada monitor dalam satu waktu.


Teman-teman tentu sudah tidak asing lagi dengan monitor. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi dapat dikatakan ini adalah salah satu benda yang paling sering kita pelototi. Ada monitor handphone, monitor televisi, monitor komputer, monitor papan reklame digital, dan lain-lain. Ketika menggunakan monitor tersebut tentu kita mengharapkan tampilan yang jelas dan tajam sehingga kita nyaman menggunakannya. Apalagi jika pekerjaan menuntut kita untuk menggunakan monitor dalam waktu yang lama.

Salah satu faktor yang mempengaruhi ketajaman gambar pada monitor adalah resolusi. Apa itu resolusi?

Secara teknis, pengertian resolusi monitor adalah jumlah pixel yang dapat ditampilkan di monitor. Apa pula itu pixel? Pixel dapat diartikan titik-titik terkecil pembentuk gambar. Pixel-pixel tersebut memiliki ukuran diameter, jarak antar pixel, dan jarak antar diameter pixel. Semakin rapat pixel maka akan semakin tajam gambar yang ditampilkan. Resolusi monitor biasanya dinyatakan dalam ukuran jumlah pixel horizontal x jumlah pixel vertikal.

Contohnya monitor dengan tampilan resolusi 1024×768 artinya lebar tampilan monitor 1024 pixel dan tingginya 768 pixel. Dua monitor yang ukurannya sama dapat memiliki ketajaman gambar berbeda tergantung perbandingan ukuran monitor dan resolusinya.

Perbandingan antara resolusi dan ukuran monitor akan menentukan kepadatan tampilan monitor tersebut. Ukuran ini dinyatakan dalam satuan ppi (pixel per inci). Misalnya sebuah monitor ukuran 5′ dengan resolusi 1080×1920 pixel memiliki kepadatan 441 ppi. Bandingkan dengan monitor ukuran 15′ dengan resolusi yang sama memiliki kepadatan 146 ppi. Tentu saja monitor pertama akan menghasilkan gambar yang jauh lebih halus dan tajam daripada monitor kedua karena kepadatan pixelnya lebih tinggi.

Meskipun demikian tidak serta merta kita dapat menaikkan resolusi monitor setinggi-tingginya untuk mengharapkan kualitas gambar paling bagus karena setiap ukuran monitor mempunyai resolusi standar masing-masing. Seperti monitor dengan ukuran 14′ sampai 17′ resolusinya sekitar 640×480, 1024×768, dan 1200×1024 pixel.

Sementara untuk monitor dengan ukuran di atas 19′ resolusinya bisa mencapai 2048×1600 pixel. Bisa saja dinaikkan resolusinya dari resolusi standar akan tetapi jangan terlalu tinggi karena dapat menyebabkan error atau tampilannya jadi blank. Resolusi monitor dapat diatur melalui bagian pengaturan tampilan tergantung sistem operasi yang digunakan.


Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami definisi pengertian resolusi pada monitor secara umum ya ! Lihat juga pengertian resolusi konflik 🙂