PENGERTIAN RETENSI KARYAWAN


  • Pengertian retensi karyawan itu apa sih ?
  • Apa itu retensi karyawan ? Apa arti kata retensi karyawan ?
  • Apa yang dimaksud dengan retensi karyawan ?
  • Apa faktor yang mempengaruhi retensi karyawan ?

Pengertian Retensi Karyawan


Pengertian Retensi Karyawan Menurut Para Ahli

Arti retensi karyawan adalah :

Pengertian retensi karyawan adalah salah satu teknik yang digunakan oleh pihak manajemen untuk membuat karyawan tetap berada dalam suatu organisasi dalam jangka waktu yang cukup lama. (Ragupathi : 2013)

Definisi retensi karyawan adalah upaya mempertahankan karyawan yang potensial untuk tetap loyal terhadap perusahaan. (Susilo : 2013)

Pengertian retensi karyawan adalah suatu proses dimana karyawan didorong untuk tetap berada dalam suatu organisasi sampai proyeknya selesai atau dalam periode maksimum. (Karthi : 2012)

Retensi karyawan adalah suatu upaya perusahaan untuk mempertahankan karyawannya agar tetap berada di dalam organisasi yang bertujuan untuk membantu mencapai target organisasi secara lebih maksimal. (Mathis & Jackson : 2006)


Apa itu retensi karyawan (employee retention) ? Secara umum, retensi karyawan adalah bentuk atau cara mempertahankan karyawan agar tetap bekerja dalam perusahaan tersebut.

Di dalam sebuah perusahaan pasti tidak lepas dari karyawan atau pegawai. Terdapat perilaku yang sangat bergam dari karyawan merupakan hal yang sangat biasa dijumpai di perusahaan. Barang atau Asset yang tak ternilai dalam sebuah perusahaan adalah karyawan yang dimilikinya.

Retensi karyawan ditujukan agar karyawan bertahan lebih lama untuk bekerja di perusahaanya. Ini disebabkan karena perusahaan sudah melakukan investasi uang maupun waktu dalam proses recruitment karyawan. Oleh karena itu, perusahaan menginginkan karyawannya bertahan lebih lama dalam bekerja.

Sebuah perusahaan dikatakan rugi karena telah kehilangan karyawannya, kehilangan itu mencakup modal, baik berupa uang, tenaga, keahlian, pengetahuan maupun hal penting lainnya. Sehingga, dapat dikatakan bahwa merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk mempertahankan karyawannya dan mencegah hilangnya karyawan.

Maka dari itu, adapun faktor yang mempengaruhi retensi karyawan apabila merujuk pada pernyataan Mathis & Jackson adalah sebagai berikut :

  1. Faktor Organisasional

Apabila perusahaan memiliki perilaku budaya yang baik yang bernilai positif serta pengelolaan organisasi perusahaan juga dilakukan dengan baik, maka hal tersebut tentu akan sangat mempengaruhi retensi karyawan.

  1. Peluang Karir Organisasional

Fator yang mendasari hal ini adalah pelatihan secara berkesinambungan yang dilaksanakan oleh perusahaan, bimbingan dan pengembangan karir, hingga perencanaan karir karyawan dalam perusahaan tersebut.

  1. Penghargaan dan Retensi Karyawan

Hal lain yang harus diperhatikan dalam retensi karyawan adalah penghargaan yang kompetitif baik berupa gaji, tunjangan, penghargaan kinerja maupun bonus special, dan lain- lain.

  1. Rancangan Tugas dan Pekerjaan

Dalam perancangan tugas dan pekerjaan yang dibebankan kepada karyawan, hal ini tentu harus memperhatikan beberapa unsur individu dari karyawan perusahaannya. Yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah proses penyaringan dan seleksi karyawan, sehingga karyawan akan ditempatkan pada posisi atau bagian yang sesuai dengan kondisi individu mereka.

  1. Hubungan Karyawan

Perlakuan yang didapat dari rekan kerja di kantor akan sangat mempengaruhi retensi karyawan di sebuah perusahaan.


Oke itulah beberapa contoh definisi retensi karyawan menurut para ahli. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian retensi karyawan secara umum ya ! Lihat juga pengertian bertanggung jawab 🙂