PENGERTIAN SABOTASE DAN CONTOHNYA


  • Pengertian sabotase dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu sabotase ? Apa arti kata sabotase ?
  • Apa yang dimaksud dengan sabotase ?
  • Apa pengertian sabotase dalam ancaman militer ?
  • Apa pengertian sabotase diri ?

Pengertian Sabotase


Pengertian Sabotase Menurut Para Ahli

Arti sabotase adalah :

Definisi sabotase adalah tindakan merusak dan menghancurkan peralatan, senjata, atau bangunan untuk mencegah keberhasilan musuh atau pesaing.

Pengertian sabotase adalah tindakan yang sengaja dilakukan secara terencana dan tersembunyi untuk melakukan pengrusakan terhadap sasaran tertentu. Biasanya yang diserang adalah peralatan, personel, atau aktivitas vital yang berada di tengah-tengah masyarakat seperti infrastruktur dan struktur ekonomi dari sasaran yang dituju sehingga memberikan dampak yang besar secara psikologis.


Istilah sabotase cukup sering kita dengar, apalagi bagi yang suka membaca berita atau menonton film-film hollywood. Biasanya yang terlintas di pikiran kita adalah mata-mata, peralatan canggih, serangan mematikan ke pusat-pusat vital sebuah negara, dan lain sebagainya.

Contohnya seperti aksi sabotase yang dilakukan para pejuang kemerdekaan pada masa revolusi kemerdekaan Indonesia dengan cara merusak berbagai fasilitas umum seperti jalan, pabrik, dan jembatan agar tidak dapat dimanfaatkan oleh penjajah.

Pada zaman teknologi canggih seperti sekarang yang diserang tidak hanya hal-hal yang bersifat fisik tetapi juga non fisik seperti jaringan komputer sehingga pelaku sabotase dapat mengakses informasi yang sifatnya sangat rahasia yang dapat mempengaruhi kelangsungan sebuah negara.

Sasaran tindakan sabotase mulai dari level sederhana seperti sebuah perusahaan sampai level yang cukup besar seperti sebuah negara. Tindakan sabotase terhadap sebuah perusahaan biasanya dilakukan dengan cara menghambat aktivitas-aktivitas vital seperti proses produksi dan pengrusakan alat-alat produksi sehingga merugikan perusahaan. Biasanya dilakukan oleh para buruh yang merasa tidak puas dengan kebijakan perusahaan. Mereka melakukan sabotase sebagai bentuk protes, ancaman, atau balas dendam.

Untuk level negara biasanya tindakan sabotase dilakukan dengan menyerang fasilitas-fasilitas militer dan perhubungan sehingga dapat melumpuhkan aktivitas masyarakat dan mengacaukan pertahanan. Contohnya dengan menghancurkan infrastruktur transportasi seperti jalan dan bandara serta menyerang dan menduduki markas militer.

Sabotase erat kaitannya dengan aksi spionase atau memata-matai. Sebelum sabotase dapat dilancarkan tentu diperlukan perencanaan yang matang agar aksi sabotase dapat terlaksana sesuai dengan yang diharapkan dan memberikan efek yang besar. Untuk itu diperlukan informasi yang akurat mengenai sasaran yang akan dihancurkan. Biasanya informasi ini didapatkan dari kegiatan spionase terhadap sasaran, apakah sebuah perusahaan, organisasi, atau sebuah negara.

Di luar hal-hal di atas ada juga istilah sabotase diri. Seseorang dikatakan melakukan sabotase diri ketika ia sendiri yang menyebabkan kegagalan demi kegagalan dalam hidupnya. Semua bakat dan kemampuan dalam dirinya tidak bisa menghantarkannya kepada kesuksesan karena sabotase yang dilakukannya terhadap diri sendiri. Contoh sabotase diri seperti merasa diri tidak bahagia, takut, terlalu cepat puas, rasa malas, tidak konsisten, suka menunda-nunda pekerjaan, dan lain sebagainya.


Itualah penjelasan singkat tentang pengertian sabotase dan contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian sabotase secara umum ya ! Lihat juga pengertian reservasi 🙂