PENGERTIAN SALINITAS


  • Pengertian salinitas air laut itu apa sih ?
  • Apa itu salinitas ? Apa arti kata salinitas ?
  • Apa yang dimaksud dengan salinitas ?
  • Apa pengertian salinitas tanah ?
  • Apa yang mengakibatkan perbedaan salinitas air laut ?

Pengertian Salinitas


Pengertian Salinitas Menurut Para Ahli

Arti salinitas adalah :

Pengertian salinitas adalah kadar seluruh ion – ion yang terlarut dalam air (Boyd : 1982)

Definisi salinitas adalah konsentrasi rata-rata zat garam yang terkandung dalam air (Hutabarat : 2006)

Pengertian salinitas tanah adalah kandungan seluruh garam yang berada di tanah. Suatu peningkatan kadar garam disebut juga dengan salinisasi.

Pengertian salinitas air adalah tingkat keasinan atau kadar garam yang terlarut dalam air. Satuan salinitas bisa dinyatakan dalam gram garam per kilogram air, atau juga bisa dalam bagian per seribu (ppt atau ‰).


Istilah salinitas atau tingkat keasinan digunakan untuk menyatakan banyaknya kadar garam yang terkandung di dalam air. Biasanya digunakan untuk mengukur kadar garam pada air laut karena pada dasarnya air laut secara alami mengandung kadar garam yang tinggi, hanya saja kadarnya yang berbeda-beda. Lalu apa saja yang menentukan besar kecilnya salinitas air laut ?

Salinitas dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pasang surut, penguapan, curah hujan, topografi perairan, serta presipitasi. Ada air laut yang sangat tinggi kadar garamnya sehingga tidak banyak jenis organisme yang mampu hidup di sana. Air alami dengan kadar garam tertinggi di dunia terdapat di sebuah danau yang disebut laut mati dimana kadar garamnya sekitar 32%, bandingkan dengan kadar garam pada air laut yang hanya sekitar 3,5%. Karena kadar garamnya yang sangat tinggi sehingga tidak ada makhluk hidup yang dapat bertahan di danau ini.

Istilah salinitas juga digunakan untuk menyatakan kandungan garam yang terkandung di dalam tanah. Tanah yang memiliki kadar garam yang tinggi tidak baik bagi tumbuhan dan dapat mempengaruhi air tanah menjadi air payau sehingga tidak baik untuk dikonsumsi oleh manusia. Tanah dengan salinitas yang tinggi biasanya disebabkan oleh pasang surut air laut dan intrusi yaitu peristiwa merembesnya air laut ke dalam bebatuan yang menyebabkan air tanah di dalamnya tercemar dengan garam dari air laut.

Kita dapat mengukur salinitas dengan menggunakan alat ukur seperti refraktometer dan salinometer. Refraktometer umum digunakan untuk mengukur salinitas. Alat ini bekerja berdasarkan prinsip pembiasan cahaya dimana salinitas air diketahui dari indeks bias cahaya dari sampel yang diukur. Oleh karena itu alat ini cocok digunakan di tempat yang memiliki banyak cahaya seperti di luar ruangan yang langsung mendapat sinar matahari sehingga bisa langsung digunakan ketika sedang meneliti di alam terbuka.

Sementara itu salinometer lebih sering digunakan di dalam laboratorium. Alat ukur ini cukup populer dan memiliki tingkat ketelitian yang tinggi. Alat ini bekerja dengan cara mengukur kepadatan air dari sampel yang diukur. Salinitas sampel diukur berdasarkan daya hantar listrik, semakin tinggi salinitas sebuah sampel semakin besar daya hantar listriknya.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian salinitas air laut, tanah dkk. Mudah-mudahan kalian semua bisa memahami pengertian salinitas secara umum ya ! Lihat juga pengertian sabotase dan contohnya 🙂