PENGERTIAN SEMBELIT DAN PENYEBABNYA


  • Pengertian sembelit dan penyebabnya itu apa sih ?
  • Apa itu sembelit ? Apa arti kata sembelit ?
  • Apa yang dimaksud dengan sembelit ?
  • Apa pengertian sembelit pada ibu hamil ?
  • Apa pengertian sembelit pada bayi ?

Pengertian Sembelit


Pengertian Sembelit Menurut Para Ahli

Arti sembelit adalah :

 Pengertian sembelit adalah susah untuk buang air besar yang disebabkan karena sisa makanan di usus besar yang kering dan keras. Hal ini terjadi karena kurang makanan yang berserat seperti buah dan sayu serta kurang minum. Penyebab sembelit bisa juga karena rasa takut, perasaan gelisah, stress dan cemas. (Yanti Herlanti dkk dalam buku IPA tahun 2007) 

Definisi sembelit adalah suatu kesulitan atau kelambatan pasase (pergerakan tinja) yang bisa dipengaruhi oleh komposisi tinja, diet, pergerakan saluran pencernaan atau karena penyumbatan suatu benda. (Dr Zulfito & Ayu Bulan dalam buku Smart Parents tahun 2010)

Pengertian sembelit pada ibu hamil adalah keadaan sulit atau tidak bisa buang air besar atau rasa buang air besar tidak tuntas sehingga selalu saja ada rasa ingin buang air besar namun tidak bisa mengeluarkannya. Ibu hamil yang mengalami sembelit sekitar 11% s/d 38% terutama pada trimester ketiga masa kehamilan dan pada awal kehamilan. Sembeli pada ibu hamil pada umumnya disertai rasa perut kembung atau penuh. (Tumanggor : 2014)


Hampir semua orang pasti pernah mengalami susah buang air besar. Perut sudah terasa mulas dan ingin buang air besar namun ketika sudah sampai di toilet tidak bisa buang air besar atau tidak lancar karena feses atau kotorannya mengeras sehingga sulit dikeluarkan. Kondisi seperti ini disebut sembelit atau konstipasi.

Orang yang mengalami sembelit ditandai dengan sulit dan jarangnya buang air besar, kurang dari tiga kali dalam seminggu. Walaupun pada sebagian besar kejadian bukanlah masalah kesehatan serius namun penyakit ini cukup mengganggu apalagi jika terjadi di pagi hari dimana banyak pekerjaan yang harus diselesaikan.

Tidak hanya terjadi pada orang dewasa, anak-anak juga dapat mengalami sembelit. Sembelit pada anak terkadang sulit diketahui karena mereka agak sulit menjelaskan apa yang mereka rasakan. Jika mereka menjadi rewel dan suka menangis ketika akan buang air besar maka kemungkinan ia sedang mengalami sembelit. Dapat juga ditandai dengan jarangnya anak buang air besar, lebih dari lima hari. Semua orang berpotensi mengalami sembelit namun lebih sering menimpa wanita terutama wanita hamil dan wania lanjut usia.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan sembelit diantaranya kurang serat dan kurang asupan vitamin C, efek samping dari konsumsi obat-obatan tertentu, penyalahgunaan obat, kehamilan, suka menahan-nahan buang air besar, penyumbatan oleh penyakit, stres dan emosi yang tidak stabil, adanya kelainan pada sistem pencernaan tubuh, kelainan hormon, kelainan pada usus besar dimana usus besar kurang elastis, elektrolit dalam tubuh yang tidak seimbang, kelebihan serat, serta diet dan kurang berolahraga.

Selain itu sembelit juga dapat disebabkan oleh adanya kelainan atau penyakit tertentu seperti kanker rektum, fisura ani, kanker usus besar, obstruksi usus, multiple sclerosis, cedera tulang belakang, neuropati otonom, masalah saraf di sekitar rektum dan usus besar, rektokel, penyempitan usus besar atau striktura, kanker perut lainnya yang menyebabkan usus besar tertekan, parkinson, adanya penyumbatan pada usus besar atau pada rektum, kencing manis atau diabetes, kelenjar tiroid yang kurang aktif, serta kelenjar paratiroid yang terlalu aktif.


Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian sembelit dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian antiseptik dan contohnya 🙂