PENGERTIAN SEMIKONDUKTOR DAN CONTOHNYA


  • Pengertian semikonduktor dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu semikonduktor ? Apa arti kata semikonduktor ?
  • Apa yang dimaksud dengan semikonduktor intrinsik ?
  • Apa perbedaan semikonduktor tipe p dan n ?
  • Apa contoh semikonduktor intrinsik dan ekstrinsik ?

Pengertian Semikonduktor


Pengertian Semikonduktor Menurut Para Ahli

Arti semikonduktor adalah :

Pengertian semikonduktor adalah suatu benda yang tidak bisa menghantarkan arus listrik pada suhu yang rendah, semikonduktor hanya bisa menghantarkan listrik pada suhu lebih tinggi. (Drs. Joko Untoro : 2009)

Definisi semikonduktor adalah suatu bahan yang mempunyai sifat hantaran listrik diantara isolator dan konduktor. Contoh semikonduktor adalah silikon, germanium dan galium. (Budi Suryatin : 2005)

Pengertian semikonduktor intrinsik adalah jenis semikonduktor murni karena belum diberi pengotoran atau campuran sehingga jumlah hole dan elektron bebasnya adalah sama. Sifat semikonduktor intrinsik ini konduktivitasnya sangat rendah karena jumlah pembawa muatan elektron bebas dan holenya sangat terbatas. Contoh semikonduktor intrinsik yakni : Germanium (Ge) & Silikon (Si).

Pengertian semikonduktor ekstrinsik adalah semikonduktor murni yang sudah dikotori atau mengalami penyisipan atom dari atom lain. Semikonduktor ektrinsik terbagi menjadi 2 jenis yakni semikonduktor ekstrinsik tipe-p dan tipe-n.

Pengertian semikonduktor tipe p adalah semikonduktor yang sifatnya positif dan dikotori oleh atom akseptor. Sedangkan pengertian semikonduktor tipe n adalah semikonduktor negatif yang dikotori oleh atom donor.


Tahukah teman-teman kenapa pegangan panci atau wajan terbuat dari bahan plastik atau kayu? Atau mengapa kita menggunakan kain sebagai pelapis ketika memegang panci yang masih panas? Ya, benar sekali karena bahan-bahan tersebut tidak dapat atau kurang baik dalam menghantarkan panas sehingga panas di panci atau wajan yang sedang digunakan tidak sampai atau terasa oleh tangan kita.

Bahan-bahan seperti plastik dan kayu disebut bahan isolator. Sebaliknya panci atau wajan dibuat dari bahan-bahan yang mudah menghantarkan panas seperti baja dan besi agar panas dari kompor sampai ke panci sehingga makanan menjadi matang. Bahan-bahan seperti baja dan besi disebut bahan konduktor.

Diantara kedua jenis bahan ini ada bahan atau benda yang kemampuannya menghantarkan panas berada diantara konduktor dan isolator yang disebut dengan semikonduktor. Tidak seperti isolator, bahan semikonduktor mampu menghantarkan panas namun tidak sebaik konduktor. Kita dapat menjadikan sebuah bahan semikonduktor berfungsi layaknya konduktor dengan cara memberikan arus tertentu, suhu tertentu, serta tata cara dan persyaratan tertentu.

Contoh bahan semikonduktor adalah germanium, silikon, dan gallium arsenide. Bahan semikonduktor yang populer dan banyak digunakan saat ini adalah silikon karena banyak tersedia dan dapat diekstrak dari alam sehingga bisa didapatkan dengan harga murah.

Dibalik canggihnya berbagai gadget seperti handphone, laptop, televisi, dan kamera ada peran teknologi semikonduktor yang mendukungnya. Berbagai komponen elektronika yang terdapat pada sebuah perangkat elektronik dibuat dari bahan semikonduktor, contohnya seperti dioda, transistor, serta ic atau integrated circuit.

Pemilihan bahan ini karena sifat elektroniknya dapat diatur atau diubah dengan cara menambahkan sejumlah kecil ketidakmurnian atau yang disebut dopan. Proses penambahan ini disebut dengan doping. Beberapa contoh dopan yang dapat digunakan untuk merubah sifat elektronik semikonduktor seperti arsenic, antimony, serta indium.  Semikonduktor murni yang telah melalui proses doping dan siap menjadi komponen elektronika disebut dengan semikonduktor ekstrinsik.

Pada proses doping kita menggunakan sejumlah dopan dengan susunan elektron sendiri yang akan mempengaruhi susunan elektron semikonduktor ekstrinsik yang terbentuk. Oleh karena itu semikonduktor yang terbentuk dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu semikonduktor tipe P yang mengalami kekurangan elektron sehingga bermuatan positif dan semikonduktor tipe N yang memiliki kelebihan elektron sehingga bermuatan negatif.


Oke itulah penjelasan semikonduktor intrinsik dan ekstrinsik secara singkat. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian semikonduktor dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian budidaya tanaman 🙂