PENGERTIAN SEPATU KETS


  • Pengertian sepatu kets itu apa sih ?
  • Apa itu sepatu kets ? Apa arti kata sepatu kets ?
  • Apa yang dimaksud dengan sepatu kets ?
  • Apa perbedaan sepatu kets dan sneakers ?
  • Apa ciri ciri sepatu kets ?

Pengertian Sepatu Kets


Pengertian Sepatu Kets Menurut Para Ahli

Arti sepatu kets adalah :

Pengertian sepatu kets adalah sepatu dengan sol karet yang dirancang untuk dipakai sambil berlari, bermain olahraga, dsb.

Definisi sepatu kets adalah jenis sepatu yang dirancang untuk kegiatan di luar ruangan seperti untuk olahraga atau rekreasi, ciri ciri sepatu kets biasanya terbuat dari kanvas dengan sol karet atau menyerupai sepatu atletik.


Siapa yang tidak tahu sepatu kets? Sepatu jenis ini begitu populer dan digunakan berbagai kalangan, baik laki-laki maupun perempuan, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua. Hal ini disebabkan sepatu kets ringan, sangat nyaman digunakan, serta didesain dengan model yang kasual sehingga cocok digunakan untuk berbagai kegiatan non-formal seperti berolahraga, bersantai, nongkrong, jalan-jalan, dan lain sebagainya.

Karena kesan santainya, sangat jarang ada orang Indonesia yang menggunakan sepatu kets untuk kegiatan formal seperti bekerja di kantor. Salah satu tokoh publik yang terkenal sering menggunakan sepatu kets adalah Dahlan Iskan yang bahkan pada saat pelantikannya menjadi menteri masih tetap menggunakan sepatu kets.

Apa sebenarnya sepatu kets itu? Istilah kets dalam bahasa Indonesia berasal dari merk sepatu terkenal “keds” yang memproduksi sepatu berbahan kanvas dan sol karet secara massal sejak tahun 1916/1917 hingga saat ini. Namun mungkin banyak diantara kita yang malah kurang mengenal merk sepatu ini.

Kita justru lebih kenal dengan merk-merk terkenal seperti Nike, Adidas, dan Converse. Karena begitu lekatnya penggunaan istilah kets ini maka ia sudah menjadi istilah baku dan dapat kita temukan dalam kamus besar bahasa Indonesia atau kbbi. Sepatu kets dalam kbbi mengacu pada sepatu yang terbuat dari kain tebal dengan alas dari bahan karet dan biasanya berwarna putih serta digunakan untuk berolahraga.


Lalu apa perbedaan sepatu kets dan sneakers ?


Sejatinya tidak ada perbedaan sepatu kets dengan sneakers dan tidak ada pula perbedaan sepatu kets dan casual. Pendek kata, sepatu kets = sneaker = sepatu casual. Yang berbeda hanyalah penyebutannya saja, sedangkan intinya sama saja.

Jika kita tarik ke belakang sejarah sepatu kets atau yang di Amerika Serikat lebih dikenal dengan sneakers berawal dari tahun 1800-an. Disebut sneakers karena diambil dari kata sneak (ular) yang dimaknai menyelinap atau mengendap-endap karena sepatu ini terbuat dari sol karet sehingga ketika digunakan tidak akan menimbulkan bunyi.

Dapat kita simpulkan bahwa sebutan sepatu kets mengacu pada jenis sepatu yang terbuat dari kulit, sintetik, atau kanvas dengan sol karet (biasanya berwarna putih), ringan dan fleksibel, kebanyakan memiliki jalinan tali di bagian depan atas untuk mengeratkan, serta desain yang casual. Sepatu ini menjadi pilihan bagi banyak anak muda khususnya mahasiswa yang memiliki aktivitas yang padat karena sangat memudahkan bergerak kesana kemari dan dari segi tampilan juga kasual.


Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian sepatu kets dan jenis sepatu kets secara umum ya ! Lihat juga pengertian semikonduktor dan contohnya 🙂