PENGERTIAN SETENGAH MENGANGGUR


  • Pengertian setengah menganggur itu apa sih ?
  • Apa itu setengah menganggur ?
  • Apa arti kata setengah menganggur ?
  • Apa yang dimaksud dengan setengah menganggur ?
  • Apa contoh setengah menganggur ?

Pengertian Setengah Menganggur


Pengertian setengah menganggur Menurut Para Ahli

Arti setengah menganggur adalah :

Pengertian setengah menganggur adalah orang yang bekerja namun belum memenuhi kriteria pekerja penuh. Contoh setengah menganggur dibagi 3 yaitu :

  • Setengah menganggur berdasar pendapatan. Pengertian setengah menganggur menurut pendapatan adalah orang yang bekerja namun penghasilannya lebih kecil daripada UMR.
  • Setengah menganggur menurut jam kerja, adalah orang yang bekerja namun dia kerja kuran gdari 40 jam per minggu.
  • Setengah menganggur menurut produktivitas, adalah orang yang bekerja di bawah standar produktivitas perusahaan contoh pekerja cacat atau pekerja yang baru masuk kantor.

Adapun contoh setengah menganggur lainnya antara lain :

  • Setengah menganggur terpaksa. Pengertian setengah menganggur terpaksa adalah orang yang tergolong setengah menganggur yang masih bersedia menerima pekerjaan lain atau masih tetap berusaha mencari pekerjaan.
  • Setengah menganggur sukarela. Pengertian setengah menganggur sukarela adalah pekerja yang termasuk golongan setengah menganggur yang sudah tidak bersedia menerima pekerjaan lain atau tidak berusaha mencari pekerjaan, contohnya tenaga ahli yang gajinya sangat besar.
  • Setengah menganggur kentara. Pengertian setengah menganggur kentara adalah para pekerja yang bekerja kurang dari 35 jam perminggu.

Pada dasarnya kita memahami istilah pengangguran sebagai orang yang tidak memiliki pekerjaan. Berada pada usia produktif dan sebagian telah menyelesaikan pendidikan dasarnya akan tetapi masih belum memiliki pekerjaan. Penyebabnya bisa bermacam-macam seperti kurangnya kualifikasi sesuai dengan yang dibutuhkan dunia kerja, malas mencari kerja, terlalu memilih-milih pekerjaan, kurangnya lapangan pekerjaan, dan lain sebagainya.

Ada beberapa jenis pengangguran salah satunya setengah menganggur atau dalam bahasa Inggris disebut under unemployment. Seseorang dikatakan pengangguran setengah menganggur jika ia sudah memiliki pekerjaan akan tetapi belum dilakukan secara optimal karena kurangnya lapangan pekerjaan. Biasanya mereka bekerja kurang dari jumlah jam kerja normal atau kuang dari 35 jam dalam seminggu.

Contoh pengangguran jenis ini seperti para petani yang memiliki lahan yang tidak begitu luas sehingga bekerja kurang dari 35 jam dalam seminggu yang menyebabkan kinerjanya tidak optimal yang juga berimbas pada kurangnya penghasilan. Atau seperti buruh bangunan yang bekerja berdasarkan proyek pembangunan. Jika sedang tidak ada proyek ia akan menganggur sampai ada proyek selanjutnya. Selama masa menganggur ini tentu tidak ada pemasukan yang diterimanya.

Pada pengangguran jenis ini masalahnya ada pada kurangnya lapangan pekerjaan sementara mereka secara pribadi memiliki kemauan untuk bekerja. Untuk mengatasinya bisa dengan cara diberikan arahan dan bimbingan sehingga dapat melakukan pekerjaan lain untuk mengisi waktu luangnya. Misalnya para petani dapat mencoba menanam dengan cara hidroponik untuk mengatasi kekurangan lahan atau menjadi buruh tani lepas bagi lahan orang lain. Buruh bangunan juga bisa membuat semacam perkumpulan sehingga jika ada proyek baru bisa dengan cepat diketahui dan dikerjakan oleh buruh yang sedang tidak bekerja, semacam bagi-bagi pekerjaan.

Salah satu cara paling efektif menangani masalah pengangguran, apapun jenis penganggurannya adalah dengan meningkatkan mutu pendidikan generasi muda. Dengan pendidikan yang baik dan bermutu akan menghasilkan generasi yang rajin, cerdas, dan terampil. Rajin berarti mereka mau bekerja, terampil berarti mereka mampu memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan dunia kerja, dan kalaupun tidak ada lapangan kerja mereka mampu menciptakan lapangan kerja sendiri sehingga turut membantu mengurangi jumlah pengangguran.


Nah itulah penjelasan singkat mengenai definisi setengah menganggur. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian setengah menganggur dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian salinitas 🙂