PENGERTIAN SETIA KAWAN DAN CONTOHNYA


  • Pengertian setia kawan dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu setia kawan ?
  • Apa arti kata setia kawan?
  • Apa yang dimaksud dengan setia kawan ?
  • Apa pengertian setia kawan menurut agama Islam ?

Pengertian Setia Kawan


Pengertian Setia Kawan Menurut Para Ahli

Arti setia kawan adalah :

Pengertian setia kawan adalah bersikap kooperatif dengan teman, menunjukkan rasa empati, sikap toleran serta menghargai keunggulan atau kelebihan orang lain. (Permen RI No. 50 Th 2009)

Definisi setia kawan adalah rasa keteguhan hati yang kuat dalam pertemanan yang ditunjukkan dengan sikap-sikap seperti selalu ada dalam keadaan apapun, tidak berbohong dan mengkhianati teman, ikhlas dan tidak mengharapkan apapun dalam berteman, mau menerima baik kelebihan maupun kekurangan teman, saling memperbaiki diri, jujur, berkasih sayang, tidak meninggalkan kawan yang sedang terpuruk, mau memaafkan kesalahan teman, suka membantu, mengingatkan jika teman melakukan kesalahan, dan lain sebagainya.

Pengertian setia kawan menurut Islam adalah perasaan bersatu, sekepentingan, sependapat dan sepenanggungan dalam suatu ikatan persahabatan. Setia kawan dalam Islam disebut juga dengan  Ukhuwah Islamiyah yang artinya persaudaraan sesama muslim.


Dalam kehidupan sehari-hari kita bergaul dan berteman dengan banyak orang. Ada teman di lingkungan sekitar rumah, di sekolah, di tempat kursus, di kampus, dan lain sebagainya. Namun diantara sekian banyak teman belum tentu semuanya mempunyai sifat setia kawan. Ada yang hanya tampak saat kita dalam kondisi senang, ada juga yang selalu ada baik saat kita sedang senang maupun kesusahan.

Untuk mengetahui mana teman yang setia dan mana yang tidak sangat mudah. Teman yang tetap ada ketika kita sedang mengalami kesulitan dan tetap bersedia memaafkan dan menerima kita setelah kita melakukan kesalahan, itulah teman yang setia.

Contohnya ketika ada teman yang ditimpa musibah seperti kebakaran rumah, teman-teman lain berupaya menggalang dana dan menyumbang semampunya, atau ketika ada teman yang kecanduan narkoba dan sedang berusaha lepas dari jeratan narkoba kita masih mau berteman dan membantunya untuk sehat kembali.

Meskipun demikian kita harus menempatkan rasa setia kawan pada tempatnya. Kita tidak boleh tetap setia kawan dalam keburukan seperti tetap setia, membela, dan mendukung teman ketika ia berbohong, mencontek, atau keburukan-keburukan lainnya. Ini sama saja dengan kita menjerumuskannya ke dalam kejahatan. Jika benar maka kita dukung, namun jika salah harus diperingatkan. Jangan karena kita tidak mau bertentangan dan berselisih dengan teman serta dianggap tidak setia kawan maka kita mengikuti segala kemauan dan tindakan teman tanpa mempertimbangkan apakah perbuatannya benar atau tidak.

Memiliki rasa setia kawan turut mempererat hubungan pertemanan yang telah terjalin. Bahkan ada ungkapan bahwa hubungan dengan teman atau sahabat yang setia lebih dekat daripada saudara. Ini memperlihatkan bahwa hubungan atas dasar keteguhan hati lebih kuat daripada hubungan darah. Selain itu rasa setia kawan juga membuat hati kita lebih lapang dan ikhlas serta terhindar dari sifat-sifat jelek seperti pelit, culas, dan egois.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian kata setia kawan & contoh setia kawan. Mudah-mudahan kalian bisa menjelaskan pengertian setia kawan dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian sipil dan militer 🙂