PENGERTIAN SIGNATURE DALAM PERJANJIAN INTERNASIONAL


  • Pengertian signature dalam perjanjian internasional itu apa sih ?
  • Apa itu signature ? Apa arti kata signature ?
  • Apa yang dimaksud dengan signature ?
  • Apa pengertian signature dalam hubungan internasional ?

Pengertian Signature


Pengertian Signature Menurut Para Ahli

Arti signature adalah :

Pengertian signature adalah suatu proses tanda tangan dimana kita menulis nama kita sendiri, selalu dengan cara yang sama, biasanya untuk menunjukkan bahwa sesuatu telah ditulis dan disetujui oleh diri kita atau pihak yang kita wakilkan.

Pengertian signature dalam perjanjian internasional adalah penandatangan suatu perjanjian internasional oleh kepala pemerintahan, kepala negara atau menteri luar negeri. Jika proses signature ini sudah dilaksanakan maka perjanjian internasional akan memasuki tahap pengesahan atau ratifikasi oleh anggota dewan atau parlemen.


Layaknya hubungan pertemanan antara dua orang atau beberapa orang, negara-negara yang ada di dunia saling membutuhkan dan perlu menjalin hubungan pertemanan, kerjasama, ataupun kesepakatan mengenai hal-hal tertentu. Misalnya kerjasama dalam bidang ekonomi, keamanan, sosial budaya, pendidikan, dan lain sebagainya. Atau kesepakatan untuk menyelesaikan perselisihan seperti sengketa batas-batas wilayah dan sengketa daerah-daerah yang statusnya masih belum ditetapkan dan menjadi rebutan beberapa negara. Seperti perjanjian blok laut Ambalat yang melibatkan negara Indonesia dan Malaysia.

Mau tidak mau negara-negara yang saling berhubungan perlu membuat perjanjian-perjanjian internasional dalam mengatur hal-hal tertentu untuk menghindari kesalahpahaman dan perselisihan sehingga tercapai ketertiban dan keamanan dunia. Perjanjian ini dapat terjadi antar dua negara yang disebut dengan bilateral atau antar lebih dari dua negara yang disebut multilateral.

Salah satu tahap dalam melakukan perjanjian internasional adalah tahap signature. Pengertian signature dalam perjanjian internasional adalah penandatanganan dokumen perjanjian yang telah disepakati oleh negara-negara peserta perjanjian. Setelah negosiasi dilakukan dan para negara telah mencapai kata sepakat atau pada perjanjian multilateral telah disepakati oleh minimal dua pertiga dari seluruh negara peserta perjanjian (tergantung kesepakatan) maka tahap selanjutnya adalah penandatanganan naskah atau dokumen perjanjian oleh perwakilan negara-negara tersebut yang berwenang seperti kepala pemerintahan atau menteri luar negeri, atau pejabat pemerintahan yang telah diberikan kuasa oleh kepala pemerintahan.

Setelah perjanjian disepakati penandatanganan tidak dapat langsung dilakukan karena naskah perjanjian masih dalam bentuk konsep atau draft. Penandatanganan secara resmi baru dapat dilakukan setelah naskah perjanjian sudah final dan dalam bentuk teks akhir atau disebut dengan final act.

Pada tahap ini suatu perjanjian sebenarnya sudah dapat dikatakan sah dan mulai berlaku namun hal ini tergantung kesepakatan dalam perjanjian. Karena ada juga perjanjian yang mensyaratkan satu tahapan lagi sebelum sebuah perjanjian sah dan dapat diterapkan yaitu tahap pengesahan atau ratifikasi. Dimana dokumen perjanjian yang telah ditandatangani oleh para wakil negara harus dibawa ke negara masing-masing untuk disahkan oleh badan atau lembaga berwenang. Baru setelah itu isi perjanjian mulai dapat diberlakukan.


Oke itulah penjelasan singkat pengertian signature dalam PKN. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian signature dalam perjanjian internasional secara umum ya ! Lihat juga pengertian bandul matematis dan bandul fisis 🙂