PENGERTIAN SIGNIFIKAN DALAM STATISTIK


  • Pengertian signifikan dalam statistik itu apa sih ?
  • Apa itu signifikan dalam penelitian ?
  • Apa yang dimaksud dengan signifikan ?
  • Apa arti kata signifikan ?

Pengertian Signifikan Dalam Statistik


Pengertian Signifikan Menurut Para Ahli

Arti signifikan dalam statistik adalah :

Pengertian signifikan dalam statistik adalah benar-benar berbeda atau nyata. Sedangkan pada output SPSS kata “Sig” merupakan signifikansi atau “p Value” yang artinya adalah kemungkinan salah menolak Ho. Contohnya : Sig. =0,02 hal ini menunjukkan bahwa kemungkinan salah untuk menolak Ho adalah sebesar 2% atau 0.02 terlepas dari apapun pernyataan Ho tersebut. (Singgih Santoso : 2005)


Ilmu statistik merupakan salah satu cabang ilmu yang penting untuk dipelajari. Pada dasarnya ilmu ini dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang kehidupan, mulai dari hal-hal sederhana seperti menghitung peluang dalam permainan kartu, menentukan pilihan warna pakaian, sampai pada pengujian hipotesis dalam penelitian ilmiah.

Hipotesis dalam suatu penelitian merupakan pernyataan awal atau dugaan yang memerlukan pengujian untuk menentukan kebenarannya. Misalnya tekanan kerja yang tinggi dapat menyebabkan penurunan kinerja karyawan. Ini merupakan contoh dugaan sementara yang masih harus diuji kebenarannya terlebih dahulu.

Dalam melakukan pengujian dengan ilmu statistik akan didapatkan hasil apakah suatu hipotesis signifikan atau tidak. Pengertian signifikan dalam penelitian adalah tingkat keyakinan terhadap suatu hipotesis, apakah hipotesis tersebut akan diterima atau ditolak.

Jika didapatkan hasil pengujian sebuah hipotesis signifikan, ini berarti hipotesis tersebut meyakinkan dan berarti sehingga dapat diterima, berlaku, dan digeneralisasikan pada populasi. Seperti pada contoh di atas, jika hasil pengujian hipotesis dinyatakan signifikan diterima maka dapat dibuktikan secara ilmiah bahwa tekanan kerja yang tinggi memang dapat menyebabkan penurunan kinerja karyawan.

Tingkat signifikansi dalam ilmu statistik dinyatakan dalam suatu angka dalam persen yang menunjukkan kemungkinan atau resiko kesalahan terhadap hasil pengujian yang dilakukan. Tingkat signifikansi yang biasa digunakan peneliti adalah 5% dan 1%. Misalnya tingkat signifikansi suatu hasil pengujian hipotesis adalah 5%. Ini berarti bahwa hasil pengujian kita masih memiliki kemungkinan kesalahan sebesar 5% dan kemungkinan kebenaran sebesar 95%.

Tingkat signifikansi disimbolkan dengan lambang ά atau dalam program komputer dengan Sig atau ρ-value. Kemungkinan kesalahan ini muncul salah satunya karena kesalahan dalam pengambilan sampel atau sampling error. Semakin kecil  tingkat signifikansi maka semakin kecil pula peluang kesalahan dari hasil pengujian yang dilakukan sehingga semakin tinggi tingkat keyakinan terhadap hasil pengujian. Walaupun demikian taraf signifikansi yang kecil tidak selalu lebih tepat dibandingkan taraf signifikansi yang lebih besar.

Sebelum ditemukannya program komputer yang dapat melakukan uji statistik, para peneliti menggunakan cara konvensional untuk melakukan perhitungan statistik. Pada masa tersebut kebanyakan peneliti terlebih dahulu menetapkan tingkat signifikansi yang akan digunakan sebelum melakukan pengujian. Sementara pada zaman sekarang dimana perhitungan statistik dilakukan oleh program komputer peneliti dapat memasukkan nilai signifikansi yang diinginkan jika tidak ingin menggunakan nilai signifikansi yang telah ditentukan sebelumnya.


Oke itulah penjelasan singkat mengenai pengertian signifikan dalam statistika. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian signifikan dalam metode penelitian secara umum ya ! Lihat juga pengertian strategis 🙂