PENGERTIAN SILSILAH DAN CONTOHNYA


  • Pengertian silsilah dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu silsilah ? Apa arti kata silsilah ?
  • Apa yang dimaksud dengan silsilah ?
  • Apa pengertian silsilah keluarga ?
  • Apa pengertian silsilah dalam sejarah ?

Pengertian Silsilah


Pengertian Silsilah Menurut Para Ahli

Arti silsilah adalah :

Pengertian silsilah adalah suatu catatan atau bagan yang menggambarkan asal usul dan hubungan keluarga sampai beberapa generasi.

Pengertian silsilah keturunan adalah suatu ilmu yang membahas tentang susun galur / keturunan / asal usul seseorang baik itu keturunan raden, ratu, bangsawan, raja ataupun keturunan Nabi. Biasa disebut juga dengan dengan nasab.

Definisi silsilah dalam biologi adalah asal muasal terbentuknya suatu varietas yang meliputi induk persilangan, proses dalam mendapatkannya serta tahun perolehannya atau penemuannya. (Menteri Pertanian)

Pengertian silsilah dalam sejarah adalah sejarah merupakan sesuatu yang terjadi di masa lampau dimana peristiwanya bisa dilacak lewat suatu alur asal-usulnya. Apabila asal usul dari suatu peristiwa sejarah tidak jelas atau tidak bisa dilacak keberadaannya dengan jelas maka peristiwa sejarah tersebut patut dipertanyakan.


Ketika anaknya sudah dewasa para orangtua tentu akan memberi wejangan atau nasihat mengenai pernikahan. Bagaimana cara memilih pendamping hidup yang baik. Salah satunya dengan memperhatikan bibit, bebet, dan bobot calon pasangan. Bibit berarti dari keturunan siapa calon pasangan tersebut, apakah berasal dari keluarga baik-baik atau tidak. Bahkan tidak jarang sebuah hubungan putus di tengah jalan karena calon pasangan berasal dari keluarga yang anggotanya pernah memiliki masa lalu kelam seperti pernah dipenjara.

Dapat kita lihat betapa pentingnya silsilah atau garis keturunan seseorang, khususnya bagi masyarakat timur. Silsilah merupakan garis keturunan yang menggambarkan asal usul seseorang dan hubungan keluarganya dalam beberapa generasi. Adanya silsilah dipengaruhi oleh terjadinya perkawinan antara dua orang (laki-laki dan perempuan) dan kemudian memiliki keturunan.

Silsilah merupakan hal yang sangat penting diketahui untuk menelusuri siapa nenek moyang kita. Selain itu silsilah juga diperlukan dalam hal pembagian harta warisan dan pernikahan. Sebelum seseorang menikah harus ditelusuri terlebih dahulu garis keturunannya. Jangan sampai ternyata yang dinikahi masih memiliki hubungan darah yang dekat. Selain karena dilarang oleh agama dan adat, pernikahan sedarah sangat berbahaya bagi kesehatan.

Untuk menggambarkan silsilah sebuah keluarga biasanya digunakan bagan silsilah atau diagram silsilah yang memperlihatkan garis keturunan dalam bentuk struktur pohon dimana generasi yang lebih tua berada di bagian atas dan generasi yang lebih muda berada di bagian bawah. Layaknya sebuah pohon, bagan silsilah ini semakin ke bawah semakin melebar. Berasal dari ayah dan ibu, menghasilkan beberapa keturunan, anak-anak tersebut menikah dan masing-masing juga menghasilkan keturunan, dan begitu seterusnya.

Istilah silsilah juga dapat kita temukan dalam bidang linguistik atau ilmu bahasa. Silsilah dalam ilmu bahasa merupakan penggambaran hubungan keluarga bahasa, dimulai dari bahasa induk dan diikuti dengan bahasa-bahasa turunannya. Contohnya bahasa Latin Rakyat yang dianggap sebagai bahasa induk dari bahasa-bahasa turunan seperti bahasa Prancis, Italia, dan Romania. Ini menunjukkan bahwa antara satu bahasa memiliki hubungan dengan bahasa lain. Contohnya kosakata pepper (yang artinya lada) dalam bahasa Inggris diserap dari kosakata bahasa Arab yaitu filfil. Kosakata filfil sendiri juga serapan dari kata pippala dalam bahasa Sanskerta. Kata pippala ini juga merupakan serapan dari kata palapa dalam bahasa Jawa Kuna.


Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian silsilah dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian proaktif dan contohnya 🙂