PENGERTIAN SINDIKAT


  • Pengertian sindikat dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu sindikat ? Apa arti kata sindikat ?
  • Apa yang dimaksud dengan sindikat ?
  • Apa pengertian sindikat dalam ekonomi ?
  • Apa pengertian sindikat dalam bisnis ?

Pengertian Sindikat


Pengertian Sindikat Menurut Para Ahli

Arti sindikat adalah :

Pengertian sindikat adalah gabungan beberapa kelompok pengusaha yang mempunyai modal besar untuk mendirikan suatu perusahaan yang lebih besar. Sindikat juga berarti suatu organisasi yang menjual berita pada penerbit majalah atau surat kabar (Badudu Zain : 1996)

Definisi sindikat adalah sebuah asosiasi dari orang atau perusahaan yang dibentuk untuk mempromosikan kepentingan bersama atau melaksanakan bisnis perusahaan secara bersamaan. Dalam konteks negatif, sindikat adalah sebuah perhimpunan para gangster yang mengendalikan kegiatan kriminal secara terorganisir.


Secara umum, pengertian sindikat adalah sekelompok individu atau organisasi gabungan yang bekerja sama untuk melakukan beberapa tugas tertentu, melakukan transaksi atau negosiasi tertentu. Namun seiring perkembangan zaman, istilah sindikat ini bermakna negatif dikarenakan yang sering dijumpai dan ditemui di masyarakat kebanyakan adalah sindikat narkoba, sindikat gangster, sindikat perampokan dan sindikat tindakan kriminal lainnya.

Jadi  wajar saja jika kata sindikat diartikan sebagai kelompok, kombinasi, atau asosiasi gangster yang mengendalikan satu jenis kejahatan, terutama di salah satu wilayah negara atau sekelompok orang yang terlibat dalam kejahatan yang terorganisir.

Dalam bidang ekonomi juga terdapat istilah syndicate lho. Pengertian sindikat dalam ekonomi adalah sebuah persekutuan baik itu yang bersifat permanen ataupun sementara yang dibentuk oleh 2 orang atau lebih yang bertujuan untuk melakukan suatu usaha dagang tertentu. Jika usaha tersebut mendapatkan keuntungan maka keuntungannya tersebut akan dibagi sama rata kepada anggota sindikat perusahaan. Begitu juga sebaliknya jika perusahaan sindikat mengalami kerugian.

Pengertian sindikat dalam bisnis adalah suatu perjanjian kerjasama yang dibentuk beberapa orang untuk melakukan suatu proyek tertentu. Bentuk sindikat ini bermacam-macam tergantung kebutuhan para anggota sindikatnya. Contohnya sindikat penjualan yaitu perjanjian sindikat untuk memfokuskan penjualan hanya di satu tempat tertentu saja.

Pengertian sindikat narkoba adalah jaringan pengedar narkotika dan obat-obatan terlarang yang menjualnya secara ilegal atau menjualnya di pasar black market. Sindikat narkoba harus diperangi karena akan mengancam kemajuan sebuah bangsa. Hal ini dikarenakan generasi mudanya akan menjadi pecandu obat-obatan yang tentunya akan merusak perilaku dan mental mereka di masa yang akan datang.


Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian sindikat dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian kartel dan jenis-jenisnya supaya kamu bisa memahami perbedaan akan pengertian sindikat dan kartel 🙂