PENGERTIAN SIPIL DAN MILITER


  • Pengertian sipil dan militer itu apa sih ?
  • Apa perbedaan sipil dan militer ?
  • Apa yang dimaksud dengan warga sipil ?
  • Apa itu sipil dan militer ?
  • Apa arti orang sipil ?

Pengertian Sipil dan Militer


Pengertian Sipil dan Militer Menurut Para Ahli

Arti sipil dan militer adalah :

Pengertian sipil adalah seorang warga negara yang statusnya adalah sebagai masyarakat umum biasa dan bukan merupakan anggota militer, angkatan bersenjata ataupun anggota kepolisian. Contoh warga sipil adalah petani, nelayan, pedagang, guru, pelajar dsb.

Pengertian sipil adalah orang yang bukan termasuk ke dalam anggota angkatan bersenjata dari suatu milisi atau suatu negara dan tidak ikut terlibat dalam situasi permusuhan konflik senjata atau peperangan militer. Sedangkan pengertian militer adalah bagian dari warga sipil yang mempunyai kualifikasi militer yang dididik, dibentuk dan dilatih untuk melakukan pertahaan negara secara militer. (Suryanto Suryokusumo 2016 dalam Buku Konsep Sistem Pertahanan Non Militer)

Pengertian anggota militer adalah orang yang berdinas pada suatu Angkatan Perang dan tetap terus menerus berada dalam dinas tersebut selama periode waktu ikatan dinas. (UU no 39 Tahun 1947)


Dalam sebuah perang yang melibatkan angkatan bersenjata ada aturan yang menyatakan larangan menyerang warga sipil, bahkan tindakan ini termasuk kategori kejahatan perang. Sangat tidak beradab jika seorang tentara terlatih dan bersenjata menyerang warga sipil tidak terlatih dan tidak bersenjata.

Meskipun demikian sampai sekarang masih banyak pihak militer yang tidak segan menyerang warga sipil dalam suatu peperangan, tidak hanya laki-laki bahkan perempuan dan anak-anakpun mereka sakiti. Sejarah telah mencatat bahwa dalam sebuah peperangan tidak hanya dari pihak militer akan tetapi banyak juga warga sipil yang menjadi korban. Lalu siapa saja yang termasuk warga sipil dan siapa pula yang termasuk pihak militer?

Pengertian militer adalah angkatan bersenjata suatu negara yang bertugas menjaga pertahanan dan keamanan. Di Indonesia, pihak militer ini disebut juga dengan tentara. Mereka bertugas mempertahankan negara dari berbagai ancaman baik yang datang dari luar ataupun dari dalam. Mereka bertugas di darat, laut, dan udara sehingga biasanya suatu negara memiliki tiga jenis angkatan bersenjata yaitu angkatan laut, angkatan darat, dan angkatan udara.

Sebaliknya, pengertian sipil mengacu pada semua orang atau lembaga di luar militer. Warga negara di luar kemiliteran disebut warga sipil, contohnya seperti masyarakat umum, politisi, pejabat, pengusaha, dan lain sebagainya. Warga sipil bukanlah orang yang dilatih khusus untuk berperang serta tidak berhak memegang senjata api kecuali dengan izin tertentu atau di negara-negara yang memang melegalkan senjata api.

Baik pihak sipil maupun militer kedua-duanya sama-sama warga negara sehingga hubungan keduanya harus tetap dijaga keharmonisannya. Jangan sampai ada salah satu pihak yang terlalu mendominasi sehingga mengganggu keamanan dan ketertiban suatu negara.

Peran militer sangat kita butuhkan namun juga kurang baik jika membiarkan militer terlalu mendominasi karena dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kudeta militer atau pemanfaatan kekuatan militer untuk kepentingan orang atau kelompok tertentu. Karena kita tahu bahwa personel militer suatu negara tidaklah sedikit dan mereka sangat patuh pada garis komando. Karena alasan ini pula sehingga pihak militer di Indonesia tidak memiliki hak pilih dan harus bersikap netral dalam pemilu.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian sipil dan militer. Mudah-mudahan kalian bisa memahami perbedaan sipil dan militer secara umum ya ! Lihat juga pengertian sipir 🙂