PENGERTIAN SIPIR


  • Pengertian sipir penjara itu apa sih ?
  • Apa itu sipir ? Apa arti kata sipir ?
  • Apa yang dimaksud dengan sipir ?
  • Apa tugas sipir penjara ?

Pengertian Sipir


Pengertian Sipir Menurut Para Ahli

Arti sipir adalah :

Pengertian sipir adalah seseorang penjaga penjara yang tugasnya mengawasi dan menjaga keamanan serta keselamtan para narapidana di suatu penjara.

Definisi sipir adalah petugas lapas yang bertanggung jawab dalam melakukan pembinaan narapidana di suatu rutan atau lapas.


Menjadi sipir atau penjaga penjara mungkin bukan menjadi pilihan pekerjaan utama bagi sebagian besar orang. Meskipun sipir atau yang dikenal juga dengan polsuspas (polisi khusus pemasyarakatan) termasuk pegawai negeri sipil, namun tetap saja anggapan atau pemikiran orang terhadap profesi ini kurang mengenakkan.

Jika disebut sipir maka yang terbayang adalah rumah tahanan atau penjara yang gelap dan sumpek, jeruji besi, perkumpulan orang-orang jahat, serta hal-hal negatif lainnya. Meskipun pada kenyataannya tidak mutlak seperti itu karena menurut para sipir penjara tidaklah seseram itu. Para narapidana juga manusia, bedanya mereka pernah berbuat salah dan kini sedang mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Pengertian sipir adalah pegawai negeri sipil di bawah kementrian hukum dan hak asasi manusia (kemenkumham) yang tugas utamanya adalah mengawasi serta menjaga keamanan, keselamatan, dan ketertiban para narapidana yang ada di penjara atau rumah tahanan. Bisa dikatakan sipirlah yang mengurus para narapidana mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi, mengawasi seluruh kegiatan mereka sehari-hari.

Jika ada peristiwa darurat seperti ada narapidana yang sakit atau terluka sipirlah yang pertama kali mengurusnya sebelum tenaga medis datang. Tenaga sipir ada yang berasal dari pegawai pemerintahan seperti di Indonesia, ada juga sebagian negara lain yang menggunakan tenaga sipir dari perusahaan swasta.

Pekerjaan menjadi sipir bukanlah tugas mudah karena kita tahu bahwa penjara merupakan kurungan bagi orang-orang yang pernah terlibat kejahatan sehingga potensi timbulnya perselisihan dan kericuhan sangat besar. Belum lagi jika penghuni penjara jauh melebihi daya tampung sehingga kericuhan sangat mudah terjadi. Seorang sipir harus pandai-pandai bergaul dengan para narapidana disamping harus tetap waspada karena apapun bisa terjadi. Sipir juga harus mampu mengendalikan emosi ketika menghadapi para narapidana, sekian banyak narapidana dengan beragam kelakuan sangat mudah memancing emosi.

Cukup seringnya pemberitaan mengenai oknum sipir yang bekerja sama dan menerima suap dari penghuni penjara membuat citra sipir menjadi buruk di masyarakat. Seperti sipir yang membantu pelarian tahanan, sipir yang memasok dan menjadi pengedar narkoba di penjara, sipir yang bertindak kejam terhadap narapidana, dan lain sebagainya. Padahal sama seperti polisi, yang berbuat kesalahan adalah oknum sehingga kita tidak dapat menyamaratakan seluruh sipir berperilaku tidak baik.


Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian sipir penjara secara umum ya ! Lihat juga pengertian souvenir 🙂