PENGERTIAN SISTEMATIS DAN CONTOHNYA


  • Pengertian sistematis dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu sistematis ? Apa arti kata sistematis ?
  • Apa yang dimaksud dengan sistematis ?
  • Apa pengertian sistematis dalam metode ilmiah ?
  • Apa pengertian sistematis dalam penelitian ilmiah ?

Pengertian Sistematis


Pengertian Sistematis Menurut Para Ahli

Arti sistematis adalah :

Pengertian sistematis adalah berpikir serta berbuat yang bersistem, yaitu berurutan, runtun, serta tidak tumpang tindih. (Abdulkadir Muhammad : 2004)

Definisi sistematis adalah suatu bentuk usaha untuk menguraikan serta merumuskan sesuatu hal dalam konteks hubungan yang logis serta teratur sehingga membentuk sistem secara menyeluruh, utuh dan terpadu yang mampu menjelaskan berbagai rangkaian sebab akibat yang terkait suatu objek tertentu.

Pengertian sistematis dalam metode ilmiah adalah suatu proses yang dipakai dalam penelitian dengan menggunakan berbagai langkah yang bersifat logis. (Sugiyono : 2010)


Setiap orang memiliki cara berpikir dan bertindak yang berbeda-beda dalam menghadapi suatu permasalahan atau menanggapi suatu kejadian. Misalnya saat menghadapi kebakaran. Ada orang yang langsung panik dan ketakukan, ia secara membabi buta langsung mengeluarkan barang-barang dari dalam rumah dan lupa mengunci rumah padahal api masih berjarak beberapa rumah dari rumahnya. Lalu apa yang terjadi? Barang-barangnya banyak yang hilang karena dicuri oleh orang-orang yang memanfaatkan keadaan. Ada juga orang yang lebih tenang, ia memantau keadaan terlebih dahulu dan membantu menghubungi pemadam kebakaran. Ia memastikan seluruh anggota keluarga keluar dari rumah, mematikan listrik, menyelamatkan benda berharga seperti uang dan surat-surat penting, dan tidak lupa mengunci rumah untuk menghindari masuknya maling.

Pada contoh di atas perilaku yang kedua adalah yang paling tepat dan dapat dikatakan tindakan yang sistematis yang lahir dari cara berpikir yang sistematis pula. Mengapa demikian? Karena ia berusaha menganalisa masalah dan keadaan yang terjadi secara teratur dan logis sehingga ia dapat memutuskan tindakan apa yang paling tepat dilakukan. Pertama tentu saja sumber api harus dipadamkan dengan memanggil pedamam kebakaran. Kemudian memastikan anggota keluarga baik-baik saja. Baru setelah itu mengamankan uang dan surat-surat berharga serta mengunci rumah.

Baik dalam berpikir maupun bertindak kita perlu melakukannya secara sistematis karena terbukti melahirkan pemikiran dan tindakan yang benar dan tepat. Istilah sistematis berasal dari kata sistem yang berarti susunan dari bagian-bagian yang saling berkaitan secara teratur membentuk satu kesatuan. Pendek kata, pengertian sistematis adalah sesuatu yang diuraikan dan dirumuskan secara teratur dan logis sehingga membentuk suatu sistem yang utuh, terpadu, dan menyeluruh sehingga dapat dijelaskan rangkaian sebab akibatnya.

Suatu pemikiran atau tindakan yang sistematis tidak lahir begitu saja. Ada banyak faktor yang melatarbelakanginya seperti pendidikan, pengalaman, karakter, dan lain sebagainya. Seseorang yang berpendidikan lebih baik biasanya pola pikir dan tindakannya lebih sistematis daripada orang yang tidak berpendidikan atau berpendidikan rendah. Begitu pula orang yang berpengalaman biasanya mereka lebih sistematis dalam berpikir dan bertindak karena telah ditempa oleh beragam keadaan.


Oke itulah penjelasan pengertian sistematis dan contohnya secara singkat. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian sistematis dalam penelitian & contoh sistematis secara umum ya ! Lihat juga pengertian sortasi 🙂