PENGERTIAN SKEMA DAN CONTOHNYA


  • Pengertian skema dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu skema warna ? Apa arti kata skema ?
  • Apa yang dimaksud dengan skema pariwisata ?
  • Apa pengertian skema industri pariwisata ?
  • Apa itu skema industri pariwisata dan penjelasannya ?

Pengertian Skema


Pengertian Skema Menurut Para Ahli

Arti skema adalah :

Pengertian skema adalah suatu bentuk rancangan atau kerangka secara garis besar yang memuat gambaran umum tentang bagaimana suatu tujuan dapat dicapai. Skema tidak menjelaskan rencana secara terperinci dan skema biasanya berbentuk tidak terlalu formal.

Pengertian skema industri pariwisata adalah suatu bentuk gambaran umum tentang berbagai jenis akomodasi, layanan transportasi, pelayanan makan dan minum, toko retail / eceran, fasilitas berbelanja serta berbagai macam bentuk fasilitas lainnya yang melengkapi berbagai aktivitas yang bisa dilakukan oleh seorang wisatawan. Fungsi skema industri pariwisata ini adalah untuk melihat keterkaitan antara berbagai macam unsur yang ada di dalam Industri Pariwisata.

Pengertian skema warna adalah penggabungan dua warna atau lebih yang berbeda dalam sebuah komposisi. Fungsi skema warna adalah untuk melihat efek yang dihasilkan ketika sebuah warna dicampur dengan warna-warna yang berlainan.

Pengertian skema piramida adalah sebuah istilah yang diperuntukkan bagi kegiatan usaha yang memanfaatkan keikutsertaan mitra usaha untuk mendapatkan keuntungan, yang mana keuntungannya tersebut di dapat dari biaya partisipasi orang yang ikut bergabung dan bukan dari hasil kegiatan penjualan barang.


Skema berasal dari kata serapan bahasa inggris “schema” yang artinya susunan atau rancangan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau biasa disebut KBBI, skema merupakan padanan dari kata bagian, rancangan atau rangka-rangka.

Ternyata skema juga terdapat di dalam dictionary of psychology yang dikemukakan oleh Chaplin, di dalam kamus tersebut ia mengemukakan empat macam keterangan mengena skema, antara lain :

  1. Skema dikatakan sebagai suatu model.
  2. Skema sebagai suatu peta kognitif yang terdiri atas ide yang tersusun rapi.
  3. Skema juga menjadi suatu kerangka referensi yang terdiri atas respon-respon yang pernah diberikan yang kemudian kumpulan respon tersebut menjadi standart bagi respon-respon yang akan masuk selanjutnya.
  4. Skema juga disebutkan sebagai kerangka referensi untuk merekam data atau jejak sebuah peristiwa.

Dari empat keterangan di atas, pengertian skema juga dijelaskan sebagai berikut :

  1. Skema adalah suatu konsep yang berhubungan secara terperinci dengan konsep lainnya yang diperlukan dalam memahami sesuatu.

Contoh : Budi memiliki suatu skema dan skema tersebut dapat menolongnya dalam memahami di bidang ekonomi.

  1. Skema adalah suatu cerita yang melahirkan kenyataan yang disimpan di dalam pikiran, tetapi tidak ditransformasikan lewat pikiran (Piaget).

Secara garis besar, skema dapat dijelaskan sebagai pengalaman yang secara tetap mengalami perkembangan seiringan dengan informasi baru yang diperoleh.

Skema setiap seseorang dapat bergantung pada pikiran atau pengalaman yang dimilikinya sendiri. Jadi bisa disebutkan bahwa setiap skema yang dimiliki oleh setiap orang berbeda antara satu dengan yang lainnya, yang di mana hal ini dipengaruhi oleh pikiran atau pengalaman. Semakin banyak pengalaman seseorang, maka semakin bertambah juga penyempurnaan skemanya.


Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian skema dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian lencana 🙂