PENGERTIAN SKEMATA DAN CONTOHNYA


  • Pengertian skemata dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu skemata ? Apa arti kata skemata ?
  • Apa yang dimaksud dengan skemata ?
  • Apa pengertian skemata dalam membaca ?
  • Apa pengertian skemata kognitif ?

Pengertian Skemata


Pengertian Skemata Menurut Para Ahli

Arti skemata adalah :

Pengertian skemata adalah fungsi di dalam otak yang bertujuan untuk mengatur, menafsirkan, dan menarik kembali informasi. Pendek kata, skemata adalah suatu bentuk kerangka mental. (Rumelhart : 1980)

Definisi skemata adalah generalized knowledge / pengetahuan yang digeneralisasikan mengenai suatu situasi dan peristiwa tertentu. (Suharnan : 2005)

Pengertian skemata kognitif adalah suatu representasi bentuk dari ide, persepsi, dan aksi yang diasosiasikan dan merupakan kemampuan dasar dalam pembangunan pemikiran. Skemata ini akan selalu berkembang seiring dengan banyaknya pengalaman. (Piaget : 2001)

Pengertian skemata dalam membaca adalah suatu proses mendapatkan pengetahuan awal dari kegiatan membaca lalu kemudian membandingkan pengetahuan awal tersebut dengan pengetahuan yang baru. Skemata pada dasarnya akan mengalami perkembangan. Pembaca akan membandingkan latar belakang pengetahuan yang sudah mereka dapatkan dengan berbagai jenis informasi baru yang didapatkannya ketika membaca sebuah informasi yang baru. Fungsi skemata adalah untuk membantu seseorang dalam memahami apa yang terdapat dalam teks bacaan. Pembaca juga dapat berinteraksi serta bisa mengiterpretasikan makna teks yang terkandung secara terstruktur.


Sebelum memahami skemata, sebaiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu mengenai asal mula kata skemata ini. Ternyata skemata itu berawal dari kata skema, yang bisa dijelaskan sebagai sebuah proses dimana seseorang membandingkan pengetahuan yang ia miliki dengan sebuah informasi baru yang masuk ke dalam dirinya.

Skemata juga bertugas untuk mewakili bentuk dari seperangkat persepsi, ide, dan juga diperlukan dalam dasar pembangunan pemikiran. Skemata juga berkembang sejalan dengan kapasitas pengalaman, jadi boleh dikatakan bahwa skemata itu berbanding lurus dengan pengalaman. Semakin banyak pengalamannya, maka skemata yang dibentuk juga akan semakin baik se-level dengan pengalaman.

Dalam perkembangannya, skemata sebelumnya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari skemata baru. Asimilasi dan akomodasi, dua proses tersebut menyebabkan skemata seseorang senantiasa berkembang.

Oke, sekarang coba kita kenali apa itu proses asimilasi dan akomodasi.

Asimilasi diartikan sebagai sebuah proses penyerapan konsep baru ke dalam struktur kognitif yang sudah dibangun atau yang telah ada, pada proses ini seseorang menggunakan struktur atau kemampuan yang ada untuk menanggapi berbagai masalah yang ada di dalam lingkungan sekitar.

Sedangkan pengertian akomodasi adalah proses pembentukan skemata baru atau memodifikasi struktur kognitif yang telah ada agar konsep-konsep baru yang masuk dapat diserap dengan baik. Jadi dalam proses akomodasi seseorang memerlukan modifikasi struktur kognitif yang sudah ada untuk mengadakan respon terhadap tantangan lingkungan.

Contoh : Dalam proses belajar di sekolah. Dalam pembelajaran, siswa dapat menggunakan pengalaman hidupnya untuk dihubungkan dengan materi pelajaran yang ada kemudian dilanjutkan dengan kegiatan diskusi, bisa juga dilakukan dalam penerapan ekperimen di dalam lingkup fisika, semisal di fisika berbicara mengenai teori gravitasi, yang dimana teori tersebut menjelaskan bahwa seluruh benda yang ada di alam ini menerima gaya tarik dari bumi. Teori ini bisa kita coba dengan mencoba melemparkan sebuah benda (pensil), maka pensil akan jatuh ke tanah.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian skemata dan contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian skemata dalam bahasa Indonesia secara umum ya ! Lihat juga pengertian skema 🙂