PENGERTIAN SOHO (SMALL OFFICE HOME OFFICE)


  • Pengertian soho small office home office itu apa sih ?
  • Apa itu soho ? Apa arti kata soho ?
  • Apa yang dimaksud dengan soho ?
  • Apa kepanjangan soho ?

Pengertian Soho


Pengertian Soho Menurut Para Ahli

Arti soho adalah :

Pengertian soho adalah suatu hunian seperti apartemen atau rumah yang di dalamnya dilengkapi berbagai macam fasilitas kantor. Para pemilik hunian tersebut mempunyai izin legal untuk menggunakan rumah ataupun apartemennya sebagai unit hunian maupun sebagai unit kantor. Pendek kata small office home office adalah sebuah tempat yang berfungsi ganda yaitu sebagai tempat tinggal dan kantor yang berguna untuk melakukan berbagai pekerjaan di dalam rumah. Jenis profesi yang banyak mengunakan SOHO adalah arsitek, penulis, desainer, koki, fotografer dsb. (Imelda Akmal : 2010)


Selama ini kita memandang bahwa bekerja identik dilakukan di suatu tempat di luar rumah, pergi pagi dan pulang sore atau malam hari. Seseorang belum dikatakan bekerja jika ia tidak mempunyai tempat yang dituju untuk bekerja setiap pagi, contohnya seperti pegawai negeri dan karyawan kantoran. Namun seiring perkembangan teknologi serta meninjau dari sisi efektivitas dan efisiensi maka banyak orang mulai beralih pada konsep SOHO yang merupakan singkatan dari small office home office.

Secara singkat pengertian SOHO adalah konsep bekerja dari rumah dimana kantor sebagai tempat bekerja menyatu dengan rumah sebagai tempat tinggal. Dengan konsep ini diharapkan efektivitas dan efisiensi dalam bekerja dapat ditingkatkan. Yang utama sekali dari segi waktu. Dengan menerapkan konsep SOHO kita dapat menghemat waktu yang diperlukan untuk pulang pergi dari kantor ke rumah, apalagi pada zaman sekarang dimana kemacetan sudah sangat parah.

Kemudian dari segi biaya transportasi juga dapat dihemat. Dan yang juga tidak kalah pentingnya adalah kedekatan dengan anggota keluarga. Dengan berkantor di rumah kita dapat lebih fleksibel mengatur waktu untuk keluarga dan bekerja sehingga kedekatan dengan keluarga tetap terjaga.

Konsep ini cenderung diaplikasikan oleh orang yang berbisnis dalam bidang jasa seperti penulis, konsultan, pengacara, internet marketer, desainer, programmer, dan lain sebagainya. Mereka cenderung bekerja sendiri atau dengan jumlah pegawai yang sedikit, kurang dari 10 orang. Meskipun dari segi ukuran kantornya kecil dan jumlah pegawai sedikit, kantor ini harus tetap ditata dengan profesional agar klien merasa yakin menggunakan jasa yang ditawarkan.

Konsep SOHO tidak hanya terbatas bagi pelaku wirausaha saja. Para pekerja kantoran juga memiliki kesempatan untuk menerapkan konsep ini karena pada zaman sekarang banyak perusahaan yang sudah mulai memperbolehkan karyawannya untuk bekerja secara remote atau jarak jauh. Tidak jarang para pegawainya berlokasi di negara yang berbeda. Hal ini didukung pula oleh kemajuan teknologi internet seperti email, video conference, remote desktop, dan lain-lain sehingga memudahkan komunikasi masalah pekerjaan.

Penerapan konsep ini tentu bukan tanpa hambatan. Mulai dari rasa malas, godaan untuk menunda-nunda pekerjaan, hingga gangguan atau interupsi dari anggota keluarga. Agar konsep ini berhasil diterapkan perlu disiplin diri yang kuat untuk menyelesaikan pekerjaan. Selain itu juga diharapkan kerja sama dari seluruh anggota keluarga agar jangan terlalu sering menginterupsi jika tidak ada keperluan mendesak. Seperti sebentar minta tolong ini, tidak lama minta tolong itu, sehingga pekerjaan tidak selesai-selesai dan konsentrasi menjadi buyar.


Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian soho(small office home office) secara umum ya ! Lihat juga pengertian somatologi 🙂