PENGERTIAN SOLID


  • Pengertian solid itu apa sih ?
  • Apa itu solid ? Apa arti kata solid ?
  • Apa yang dimaksud dengan solid ?
  • Apa pengertian kayu solid ?
  • Apa pengertian solid state drive ?

Pengertian Solid


Pengertian Solid Menurut Para Ahli

Arti solid adalah :

Pengertian solid adalah sesuatu hal yang sifatnya benar-benar keras dengan bentuk dan tekstur yang padat dan kompak.

Definisi solid adalah kuat, kukuh, berbobot, padat, berisi. Contoh kayu solid yang berarti kayu yang kuat yang mempunyai daya tahan serta tingkat keawetan yang cukup lama.


Dalam pergaulan sehari-hari ketika seseorang tidak bersedia menuruti kemauan teman-temannya atau tidak peduli terhadap temannya maka ia akan dicap tidak solid. Kata solid sering digunakan untuk menyatakan kekompakan dan kepedulian terhadap rekan yang berada dalam suatu hubungan pertemanan, kelompok, atau komunitas. Misalnya ketika salah seorang anggota kelompok ada yang ditimpa kemalangan maka teman-temannya yang lain akan berupaya menggalang dana untuk meringankan beban temannya.

Istilah solid dapat digunakan dalam berbagai bidang kehidupan. Seperti pada contoh di atas dimana solid dalam hubungan sosial berarti hubungan yang kokoh atau kuat antar anggota kelompok yang melahirkan kekompakan dan kepedulian.

Dalam ilmu sains seperti fisika sesuatu dikatakan solid ketika benda atau zat sifatnya padat, tumpat, pejal, atau tidak memiliki rongga. Contohnya bola pejal yang sering kita temui pada soal-soal fisika yang merupakan bola padat berisi.

Dalam mendesain sesuatu seperi mesin, peralatan pabrik, bangunan, atau yang lainnya menggunakan program komputer autocad ada istilah model solid yaitu objek atau benda tiga dimensi yang padat yang tidak hanya terdiri dari bidang-bidang saja. Model-model solid dengan berbagai bentuk ini kemudian dapat digabungkan atau dibuang sebagian untuk menghasilkan rancangan yang diinginkan.

Hal ini dapat dibayangkan ketika kita merancang suatu benda dengan menggunakan tanah liat atau wax/lilin. Tanah liat yang padat dapat kita bentuk menjadi apa saja sesuai dengan yang diinginkan. Penggunaan model solid dalam perancangan akan membantu kita menentukan bahan-bahan apa saja yang akan digunakan ketika merealisasikan rancangan, berapa massa dan volumenya, dan lain sebagainya.

Contohnya dalam mendesain sebuah bangunan, dengan menggunakan model solid kita dapat menentukan berapa volume bangunan tersebut sehingga dapat diketahui berapa jumlah semen yang dibutuhkan, berapa pasirnya, dan lain sebagainya.

Dalam pembuatan bangunan atau benda lain yang menggunakan bahan dasar kayu ada istilah kayu solid. Pengertian kayu solid adalah kayu yang murni bahan dasarnya seratus persen kayu tanpa dicampur bahan-bahan lain. Kebalikannya adalah kayu campuran yaitu kayu buatan yang bahan dasarnya merupakan campuran kayu dengan bahan-bahan lain. Istilah kayu solid juga mengacu pada jenis kayu yang struktur di dalamnya tidak memiliki rongga.

Sementara dalam bidang komputer kita mengenai istilah solid state drive (SSD). Pengertian solid state drive adalah tipe harddisk modern yang jika kita buka dalemannya akan terlihat bentuk yang sangat solid seperti batangan RAM, tidak seperti HDD zaman dulu yang menggunakan piringan cakram. SSD jika terjatuh atau dibanting dengan keras juga akan lebih kokoh, sementara HDD lama akan berserakan baut serta per-nya jika kita banting dengan kuat.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian solid dan contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian solid secara umum ya ! Lihat juga pengertian wisata 🙂