PENGERTIAN SOLIDARITAS MEKANIK DAN ORGANIK BESERTA CONTOHNYA


  • Pengertian solidaritas mekanik dan organik beserta contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu solidaritas mekanik ? Apa arti solidaritas organik ?
  • Apa yang dimaksud dengan solidaritas mekanis dan solidaritas organis ?
  • Apa perbedaan solidaritas mekanik dan organik menurut durkheim ?
  • Sebutkan contoh solidaritas mekanik dan organik !

Pengertian Solidaritas Mekanik dan Organik


Pengertian Solidaritas Mekanik dan Organik Menurut Para Ahli

Arti solidaritas mekanik dan organik adalah :

Pengertian solidaritas organik adalah jenis solidaritas atau hubungan masyarakat yang dilandaskan kepada asas untung dan rugi serta lebih cenderung ke arah individualistis karena tingkat kesadaran bersama masih rendah, pada umumnya banyak ditemui pada masyarakat yang ditinggal di daerah perkotaan. Sedangkan pengertian solidaritas mekanik adalah hubungan masyarakat yang terjalin akrab berkat rasa kekeluargaan (kesadaran kolektif) yang tinggi, masih cenderung menerapkan sistem kegotong-royongan & tidak ada pembagian kerja diantara para anggota kelompoknya, pada umumnya hanya terdapat pada masyarakat yang tinggal di wilayah pedesaan saja. (pengertian solidaritas mekanik dan organik menurut Emile Durkheim)


Dalam suatu kelompok masyarakat dimana individu-individu hidup berdampingan biasanya mereka direkatkan atau disatukan oleh perasaan senasib, satu rasa, dan kebersamaan yang disebut dengan  solidaritas. Misalnya saja dalam suatu keluarga, individu-individu di dalam keluarga tersebut seperti ayah, ibu, dan anak-anak disatukan oleh perasaaan bahwa mereka adalah keluarga dan berasal dari keturunan yang sama sehingga tercipta solidaritas di antara mereka.

Jika ada salah satu anggota keluarga yang sakit maka anggota keluarga yang lain akan merasa cemas dan membantu proses penyembuhannya. Demikian juga halnya dengan kelompok-kelompok masyarakat lain dalam ruang lingkup yang lebih luas seperti pada satu lingkungan tempat tinggal, lingkungan kerja, dan lain sebagainya dimana tumbuh solidaritas antar anggota kelompok.

Solidaritas yang tumbuh dalam suatu kelompok masyarakat dapat dibedakan dalam dua jenis yaitu solidaritas mekanik dan solidaritas organik.

Pengertian solidaritas mekanik adalah solidaritas yang tumbuh dalam suatu kelompok masyarakat atas dasar kesadaran bersama karena kesamaan seperti kesamaan keturunan, adat, kepercayaan, dan lain-lain. Contohnya seperti solidaritas yang terbangun antar individu-individu dalam kelompok adat atau suku tertentu dimana mereka berasal dari nenek moyang yang sama.

Mengapa solidaritas mekanis identik dengan masyarakat pedesaan ? Hal ini dikarenakan solidaritas mekanik hanya akan timbul pada kelompok masyarakat yang masih sederhana atau masyarakat pedesaan yang memiliki kesadaran kolektif yang kuat sehingga tingkat individualitas masyarakat rendah.

Contoh solidaritas mekanik dalam kehidupan sehari-hari yaitu ketika ada seorang warga yang tertimpa musibah maka seluruh warga desa akan bahu-membahu memberikan pertolongan. Meskipun demikian pembagian kerja pada kelompok masyarakat ini masih rendah atau belum ada. Seseorang dapat melakukan beberapa macam pekerjaan sehingga beban kerja menjadi lebih berat dan kerja menjadi tidak terorganisir.

Sementara itu pengertian solidaritas organik adalah solidaritas yang berkembang dalam kelompok masyarakat yang relatif kompleks seperti pada masyarakat perkotaan dimana para anggotanya disatukan oleh rasa saling membutuhkan untuk kepentingan bersama. Pada kelompok masyarakat ini pembagian kerja sudah jelas dimana masing-masing anggota kelompok memiliki keahlian atau spesialisasi tersendiri sehingga pekerjaan menjadi lebih terorganisir.

Contohnya pada sebuah perusahaan dimana setiap bagian atau departemen memiliki tugas masing-masing. Ada bagian administrasi yang mengurus masalah rumah tangga dan surat menyurat, ada bagian keuangan yang mengelola keuangan perusahaan, ada bagian marketing dan sales yang bertanggung jawab atas masalah penjualan, dan lain sebagainya. Semua departemen ini bekerja sesuai porsinya masing-masing untuk menjalankan roda perusahaan.

Dalam solidaritas organik, masyarakatnya saling membutuhkan dan berhubungan atas dasar pemenuhan kebutuhan masing-masing saja, bukan atas dasar rasa kebersamaan ataupun ikatan moral layaknya solidaritas mekanik.


Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian solidaritas mekanik dan organik dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian sopan santun dan ramah tamah 🙂