PENGERTIAN SOMASI DAN CONTOHNYA


  • Pengertian somasi dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu somasi ? Apa arti kata somasi ?
  • Apa yang dimaksud dengan somasi ?
  • Apa pengertian somasi dalam hukum perikatan ?
  • Apa pengertian somasi dalam kontrak ?

Pengertian Somasi


Pengertian Somasi Menurut Para Ahli

Arti somasi adalah :

Pengertian somasi adalah suatu bentuk peringatan kepada pihak yang lalai atau tidak bisa memenuhi kewajibannya berdasarkan suatu Perjanjian Kerjasama yang telah dibuat sebelumnya.

Definisi somasi adalah peringatan kepada pihak yang lalai melakukan suatu kewajibannya. Somasi ini bisa dilakukan lewat pengadilan negeri dimana orang yang lalai tersebut berdomosili, bisa juga langsung berbicara dengan pihak yang lalai ataupun bisa juga melalui surat. Tujuan dilakukannya somasi adalah untuk memberi tahu pihak yang disomasi untuk segera berbuat sesuatu atau menghentikan suatu perbuatan tertentu.


Kebanyakan orang pasti pernah melakukan perjanjian atau kerja sama dengan orang lain, baik secara formal atau non-formal. Contohnya saja perjanjian yang kita tanda tangani ketika mengajukan kredit kendaraan bermotor kepada pihak leasing. Dimana dalam perjanjian itu disebutkan apa saja kewajiban yang harus kita penuhi seperti berapa angsuran per bulan, aturan asuransi, batas waktu pembayaran, dan lain sebagainya.

Tidak mustahil dalam suatu perjanjian atau kerja sama ada pihak-pihak yang tidak menyelesaikan kewajibannya sesuai isi perjanjian, atau menjalankan kewajiban namun tidak sesuai dengan yang disepakati. Seperti tidak membayar angsuran sesuai jatuh tempo atau menjual kendaraannya kepada orang lain tanpa pemberitahuan kepada pihak leasing.

Pihak yang merasa dirugikan atau pihak leasing pada contoh di atas dapat mengajukan somasi atau surat teguran kepada pihak yang tidak memenuhi kewajibannya dengan benar sesuai dengan isi perjanjian yang telah disepakati untuk memberi peringatan mengenai kelalaiannya.

Cara ini ditempuh dengan harapan pihak yang disomasi menyadari kelalaiannya dan menyelesaikan kewajibannya sesuai isi perjanjian sehingga permasalahan selesai dan tidak perlu dilanjutkan ke ranah hukum. Somasi boleh diajukan oleh siapa saja baik perorangan maupun kolektif, baik oleh orang yang merasa dirugikan secara langsung atau melalui kuasa hukumnya.

Format sebuah somasi lebih kurang sama dengan surat resmi pada umumnya. Yang paling penting sebuah somasi harus memuat dengan jelas mengenai kepada siapa somasi ditujukan, somasi mengenai masalah apa, serta apa yang diinginkan atau dituntut oleh pengirim somasi.

Dan yang tidak kalah penting pengirim somasi harus membuat berita acara penerimaan somasi oleh penerima somasi sebagai bukti bahwa somasi tersebut benar-benar dikirimkan dan diterima oleh penerima somasi. Hal ini dapat dijadikan bukti penguat jika permasalahan sampai ke pengadilan dimana pengirim somasi beritikad baik untuk menyelesaikan masalah.

Somasi dapat dilayangkan beberapa kali jika pihak yang disomasi tidak menanggapi atau tidak melaksanakan apa yang diminta dalam somasi. Biasanya somasi dapat dilayangkan tiga kali dimana jeda antara somasi satu dengan yang lain minimal tujuh hari. Jika ternyata setelah somasi ketiga pihak yang disomasi tidak juga menunjukkan itikad baik maka pengirim somasi dapat mengajukan tuntutan hukum.


Oke itulah penjelasan pengertian somasi menurut hukum secara singkat. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian somasi & contoh somasi secara umum ya ! Lihat juga pengertian solidaritas mekanik dan organik 🙂