PENGERTIAN SOMATOLOGI DAN CONTOHNYA


  • Pengertian somatologi dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu somatologi ? Apa arti kata somatologi ?
  • Apa yang dimaksud dengan somatologi ?
  • Apa pengertian antropologi somatologi ?

Pengertian Somatologi


Pengertian Somatologi Menurut Para Ahli

Arti somatologi adalah :

Pengertian somatologi adalah suatu ilmu yang mempelajari berbagai jenis ras manusia dengan mengamati ciri-ciri fisik.

Definisi somatologi adalah bagian dari ilmu antropologi fisik yang mempelajari tentang sejarah terjadinya aneka warna manusia.


Manusia merupakan makhluk yang sangat unik dan kompleks sehingga untuk mempelajarinya diperlukan cakupan ilmu yang luas. Manusia tidak hanyak makhluk fisik akan tetapi juga makhluk sosial sehingga bidang ilmu antropologi yang mempelajari mengenai manusia memiliki banyak cabang ilmu.

Antropologi sebagai induknya terbagi menjadi antropologi biologi dan antropologi budaya. Antropologi biologi yang mempelajari manusia dari sisi variasi biologi dan evolusi dibagi lagi menjadi antropologi fisik dan antropologi kesehatan. Antropologi fisik yang mempelajari bagaimana terjadinya proses perubahan ciri fisik manusia berdasarkan struktur tubuh, genotip, dan fenotip dibagi lagi menjadi paleoantropologi dan somatologi.

Pendek kata, pengertian somatologi adalah bidang ilmu yang mempelajari perubahan dan keberagaman manusia melalui ciri-ciri fisik baik fenotip maupun genotip. Genotip berkaitan dengan susunan gen di dalam tubuh yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang seperti susunan DNA sementara fenotip berkaitan dengan sifat-sifat yang tampak dari tubuh manusia seperti warna rambut, bentuk bibir, tinggi badan, warna kulit, bentuk mata, dan lain sebagainya.

Sekelompok manusia yang tinggal pada wilayah yang sama, keturunan yang sama, dan hidup dengan cara yang sama biasanya memiliki ciri fisik yang mirip satu sama lain yang disebut dengan ras. Sehingga dengan mengamati orang-orang pada ras yang sama kita dapat menyimpulkan ciri fisik suatu ras. Seperti ras kaukasoid yang memiliki ciri fisik bola mata berwarna biru, hijau, dan coklat, hidung kemerahan, serta kulit putih pucat dan terkadang kemerahan. Sementara ras negroid dikenal memiliki ciri kulit berwarna hitam, bibir tebal, bola mata berwarna hitam, rambut keriting, serta cuping hidung lebar.

Dalam somatologi kita akan mempelajari ciri fisik manusia secara mendalam. Tidak hanya dari segi bentuk atau warna anggota tubuh, bahkan sampai kepada ukuran anggota tubuh seperti panjang dan lebar kepala, panjang dan lebar wajah, tinggi hidung, tinggi badan, panjang kaki, berat badan, dan lain sebagainya. Seperti fakta bahwa rata-rata orang Eropa memiliki kaki yang lebih panjang dari orang Indonesia. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti lingkungan, kegiatan sehari-hari, pola makanan, dan lain-lain.


Oke itulah penjelasan pengertian somatologi lengkap. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian somatologi dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian somasi dan contohnya 🙂