PENGERTIAN SOPAN SANTUN DAN RAMAH TAMAH


  • Pengertian sopan santun dan ramah tamah itu apa sih ?
  • Apa itu sopan santun dan ramah tamah ?
  • Apa arti sopan santun dalam masyarakat ?
  • Apa yang dimaksud dengan sopan santun ?
  • Apa pengertian sopan santun dalam Islam ?

Pengertian Sopan Santun dan Ramah Tamah


Pengertian Sopan Santun dan Ramah Tamah Menurut Para Ahli

Pengertian sopan santun adalah suatu aturan atau tata cara yang berkembang secara turun temurun dalam suatu budaya di masyarakat yang bisa bermanfaat dalam pergaulan antar sesama manusia sehingga terjalin suatu hubungan yang akrab, saling pengertian serta saling hormat menghormati. (Taryati dalam Suharti : 2004)

Pengertian sopan santun dalam Islam adalah sopan santun terdiri dari 2 kata yaitu sopan dan santun. Sopan artinya hormat dengan Takzim menurut adat yang baik. Sedangkan arti santun adalah baik dan halus budi bahasa serta tingkah lakunya, suka menolong dan menaruh belas kasihan. Dengan demikian pengertian sopan santun adalah suatu bentuk tingkah laku yang baik dan halus serta diiringi sikap menghormati orang lain menurut adat yang baik ketika berkomunikasi dan bergaul yang bisa ditunjukkan kepada siapapun, kapanpun dan dimanapun. Contoh sopan santun di lingkungan keluarga adalah seorang anak yang meminta izin terlebih dahulu kepada orang tuanya ketika hendak pergi ke luar rumah.

Pengertian ramah tamah adalah suatu perilaku dan sifat masyarakat yang akrab dalam pergaulan seperti suka senyum, sopan serta hormat dalam berkomunikasi, ringan tangan, suka menyapa, suka membantu tanpa pamrih dsb yang dilakukan dengan ketulusan dan berprasangka baik terhadap orang lain baik itu yang sudah dikenal ataupun yang belum dikenal. (Setiadi dkk : 2006)


Kita semua tentu pernah dan sering dinasihati oleh orangtua untuk selalu berlaku sopan santun kepada siapa saja dan dimana saja. Tahu bagaimana harus bersikap dan membawa diri, hormat kepada yang lebih tua, menghargai yang sebaya, serta menyayangi yang lebih muda.

Pengertian sopan santun adalah sikap atau tingkah laku yang baik, hormat, dan beradab serta diiringi oleh rasa belas kasihan dan berbudi halus yang tercermin dalam tingkah laku, tutur kata, cara berpakaian, dan lain sebagainya. Seseorang yang memiliki sopan santun tidak hanya memiliki sikap atau perilaku yang beradab sesuai norma yang dianut oleh lingkungannya akan tetapi juga memiliki hati yang halus dan rasa belas kasihan kepada orang lain.

Sopan santun berhubungan dengan nilai-nilai peradaban yang dianut suatu kelompok masyarakat sehingga apa yang dianggap sopan oleh suatu kelompok masyarakat bisa berbeda dengan kelompok masyarakat lain. Misalnya saja di daerah barat seperti Amerika merupakan hal yang biasa dan sopan menyapa orang lain baik laki-laki maupun perempuan dengan cara mencium pipi. Berbeda dengan daerah timur seperti di Indonesia dimana hal tersebut tidak lumrah dan dianggap tidak sopan.

Setelah memiliki sopan santun dalam dirinya, sikap atau perilaku seseorang akan semakin sempurna dengan bersikap ramah tamah dalam pergaulan. Seseorang dikatakan ramah tamah jika ia memiliki kebaikan hati dan budi bahasa yang baik, sikap dan tutur kata yang manis, suka bergaul, serta menyenangkan dalam pergaulan. Contoh sikap ramah tamah seperti suka tersenyum, suka menyapa orang terlebih dahulu, dan lain sebagainya.

Seseorang yang memiliki sikap ramah tamah menunjukkan bahwa ia mengakui dan menghargai keberadaan serta harkat dan martabat orang lain, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, serta lebih mengutamakan kepentingan bersama agar tercapainya kesejahteraan. Dengan bersikap ramah tamah maka orang lain akan merasa dihargai dan diterima dalam pergaulan.

Masyarakat Indonesia dikenal dengan keramahtamahannya sehingga banyak orang asing yang ingin berkunjung ke Indonesia, bahkan sebagian menetap lama di Indonesia dan ada juga yang menjadi warga negara Indonesia. Orang asing yang di tempat asalnya terbiasa bersikap individual terpesona dengan budaya Indonesia yang memiliki rasa kebersamaan yang tinggi yang terlihat dari suka tersenyum dan menyapa, saling tolong-menolong, terbuka, peduli, dan lain-lain.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian sopan santun dan ramah tamah secara umum ya ! Semoga artikel pengertian sopan santun dan ramah tamah ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Lihat juga pengertian setia kawan dan contohnya 🙂