PENGERTIAN SOUVENIR


  • Pengertian souvenir pernikahan itu apa sih ?
  • Apa itu souvenir ? Apa arti kata souvenir ?
  • Apa yang dimaksud dengan souvenir ?
  • Apa pengertian souvenir dalam pariwisata ?
  • Apa pengertian souvenir shops ?

Pengertian Souvenir


Pengertian Souvenir Menurut Para Ahli

Arti souvenir adalah :

Pengertian souvenir adalah suatu benda yang identik dengan suatu event atau suatu daerah tertentu, pada umumnya bentuknya ringkas, mungil serta mempunyai nilai artistik. (Nurnitasari : 2009)

Definisi souvenir adalah benda yang dibeli yang berfungsi sebagai pengingat akan suatu pengalaman tertentu, diproduksi secara komersial dan seringkali dihubungkan secara universal dengan turisme. (Prakosa & Cheon : 2013)

Pengertian souvenir shop adalah toko yang jenis usahanya adalah menjual cinderamata dan berbagai macam jenis barang hasil kerajinan budaya daerah tertentu, biasa disebut juga dengan toko cinderamata.

Pengertian souvenir pernikahan adalah suatu benda cinderamata yang berfungsi sebagai tanda terima kasih dari pihak mempelai dan keluarganya atas kedatangan para tamu undangan di acara pesta pernikahan. Contoh souvenir pernikahan adalah gantungan kunci, tempat lilin, dompet, tas, gelas, kalender, frame foto dsb.


Salah satu usaha yang mengandalkan kreativitas yang tinggi adalah usaha pembuatan souvenir. Modal yang diperlukan tidak besar, cukup dari bahan-bahan sederhana bahkan barang-barang bekas yang disulap menjadi benda bermanfaat yang menarik. Apa itu souvenir?

Suvenir merupakan kosakata baku bahasa Indonesia yang diserap dari kata souvenir dalam bahasa Inggris. Kata lain dari souvenir adalah cinderamata atau oleh-oleh. Souvenir atau cenderamata merupakan sebutan untuk barang-barang yang menjadi kenang-kenangan atau pengingat terhadap suatu tempat atau kejadian yang bersejarah atau penting bagi seseorang.

Misalnya ketika berwisata ke suatu tempat atau pada acara pernikahan. Dengan adanya suvenir mengingatkan kita bahwa kita pernah berkunjung ke suatu tempat atau kita pernah menjalani suatu peristiwa penting.

Penjualan souvenir dapat dikatakan usaha yang sangat berkembang di sekitar tempat wisata. Mengapa demikian? Karena setiap orang yang berkunjung ke suatu tempat pasti ingin membawa pulang sesuatu atau barang yang dapat mengingatkannya akan kenangan tempat tersebut.

Selain itu souvenir juga dapat menjadi oleh-oleh bagi keluarga atau teman yang ditinggalkan, ukurannya kecil, bentuknya unik, dan yang paling penting harganya relatif murah sehingga dapat dibeli dalam jumlah banyak. Bayangkan jika souvenir harganya mahal tentu tidak banyak keluarga atau teman yang kebagian oleh-oleh.

Souvenir dari tempat wisata ini biasanya adalah barang-barang khas dari tempat tersebut atau menggambarkan daerah tersebut, contohnya seperti mainan kunci, kaos, pajangan, dan lain sebagainya.  Dengan melihat bentuknya orang sudah tahu darimana souvenir tersebut berasal sehingga suvenir juga dapat dijadikan media promosi sebuah tempat wisata sehingga semakin banyak orang yang mengenal dan mengunjungi sebuah tempat wisata.

Selain di tempat wisata, pada zaman sekarang souvenir juga menjadi benda wajib dalam setiap acara atau momen tertentu seperti pada acara pernikahan atau acara ulang tahun. Souvenir dijadikan sebagai ucapan terimakasih kepada para tamu undangan karena telah hadir dan mendoakan kedua mempelai.

Bentuk souvenirnyapun bermacam-macam seperti pajangan, mainan kunci, mainan jilbab, miniatur pengantin, kalender, sampai peralatan rumah tangga seperti sendok. Lebih jauh, souvenir juga dijadikan ajang promosi seperti suvenir yang dibagikan pada acara atau kegiatan sebuah perusahaan. Biasanya souvenir tersebut memuat nama atau logo perusahaan sehingga orang lebih mengenal perusahaan tersebut.


Oke itulah penjelasan souvenir dan contohnya secara singkat. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian souvenir secara umum ya ! Lihat juga pengertian signature dalam perjanjian internasional 🙂