PENGERTIAN SPEKULASI


  • Pengertian spekulasi dalam ekonomi itu apa sih ?
  • Apa itu spekulasi ? Apa arti kata spekulasi ?
  • Apa yang dimaksud dengan spekulasi ?
  • Apa pengertian spekulasi valuta asing ?
  • Apa pengertian spekulasi tanah ?

Pengertian Spekulasi


Pengertian Spekulasi Menurut Para Ahli

Arti spekulasi adalah :

Pengertian spekulasi adalah suatu bentuk kegiatan menduga atau menebak kemungkinan jawaban atas suatu pertanyaan tanpa harus menggali informasi yang cukup untuk memastikannya.

Definisi spekulasi adalah sebuah penalaran, opini atau kesimpulan yang berdasarkan asas dugaan.

Pengertian spekulasi dalam ekonomi adalah tindakan perdagangan aset berharga atau melakukan transaksi keuangan yang memiliki risiko tinggi dengan harapan mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Dengan spekulasi, risiko kerugian yang tinggi tersebut akan diimbangi oleh kemungkinan mendapatkan keuntungan besar. Kalau tidak ada “motivasi” mendapatkan keuntungan yang besar maka orang akan sangat sedikit untuk berspekulasi. Contohnya adalah perdagangan saham dan valuta asing yang dilakukan oleh masyarakat.


Kemana biasanya orang-orang akan membelanjakan uangnya? Setelah berhasil memenuhi kebutuhan dasarnya maka orang-orang kebanyakan akan membeli barang-barang yang sifatnya produktif atau bernilai stabil di masa mendatang seperti tanah, emas, dan lain sebagainya.

Emas merupakan contoh barang yang nilainya stabil sehingga jika kita menyimpan uang dalam bentuk emas maka nilai uang kita akan selalu stabil dan tidak tergerus oleh inflasi. Sementara tanah adalah barang yang sifatnya produktif contohnya dengan mengolahnya menjadi lahan pertanian, membangun rumah sewa, dan lain sebagainya. Kita bisa mengambil keuntungan dari tanah tersebut tanpa harus kehilangan kepemilikan tanah. Tindakan seperti ini adalah contoh dari investasi, menanam apa yang kita miliki sehingga membuahkan hasil yang lebih besar untuk masa mendatang.

Tapi kita jangan sampai keliru. Niatnya mau investasi malah jadi spekulasi. Apa itu spekulasi? Dan apa pula yang membedakannya dengan investasi? Untuk lebih jelasnya mari kita lihat contoh berikut.

Pak Ali membeli sebidang tanah dari Pak Badu. Setelah dipikir-pikir tanah yang ia beli paling cocok untuk ditanami pohon karet. Kemudian Pak Ali mengolah tanah tersebut dengan menanaminya karet. Setelah sekian lama akhirnya tanaman karet tersebut berbuah, kemudian Pak Ali menjual hasil kebunnya dan mendapatkan keuntungan. Untung didapat sementara tanah tetap menjadi miliknya. Hal ini disebut dengan investasi.

Lain halnya jika Pak Ali membeli sebidang tanah di suatu daerah terpencil yang rencananya di dekat lokasi tersebut akan dibangun terminal dan pasar. Pak Ali berharap tanah yang ia beli harganya akan naik begitu pasar dan terminal dibangun. Jika pemerintah jadi membangun pasar dan terminal di daerah tersebut maka Pak Ali beruntung karena harga tanah kemungkinan besar akan naik.

Sebaliknya jika pembangunan pasar dan terminal dibatalkan maka kemungkinan besar harga tanah Pak Ali tidak akan naik atau bahkan turun karena daerah tersebut sepi dan terpencil. Inilah yang disebut dengan spekulasi yaitu mengenai kegiatan jual beli sesuatu yang dapat diperdagangkan yang bertujuan mengambil keuntungan dari perbedaan harga ketika membeli dan menjual. Lebih kurang mirip dengan prinsip berdagang yaitu membeli atau mendapatkan barang dengan harga murah dan menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi.

Istilah spekulasi juga digunakan untuk menyatakan suatu dugaan atau opini yang tidak berdasarkan fakta atau hanya untung-untungan, bisa untung dan dapat pula merugi. Contohnya seseorang yang bermain di bidang jual beli mata uang asing yang hanya berdasarkan dugaan atau perkiraan tanpa didukung oleh fakta dan data yang valid.

Untuk meminimalisir resiko kerugian dalam kegiatan jual beli yang tujuannya untuk mendapatkan keuntungan seseorang hendaknya berhati-hati dan membekali diri dengan pengetahuan yang cukup mengenai subjek yang akan dijual atau dibeli seperti faktor apa saja yang dapat mempengaruhi pergerakan harga, kapan waktu yang tepat untuk menjual atau membeli, dan lain sebagainya.

Pengertian spekulasi tanah adalah suatu teknik investasi dengan cara membeli tanah yang masih sangat murah harganya karena tidak berkembang atau belum berkembang dengan harapan tahun-tahun berikutnya pertumbuhan di daerah tersebut akan berkembang dan memicu kenaikan harga tanah di daerah tersebut.

Pengertian spekulasi valuta asing adalah melakukan transaksi jual beli mata uang asing dengan menghadapi tingkat risiko tertentu dengan motif untuk mendapatkan keuntungan dari naik turunnya kurs pada suatu mata uang asing.

Pengertian barang spekulasi adalah segala jenis barang yang diharapkan harganya naik di tahun-tahun selanjutnya. Contoh barang spekulasi adalah mobil antik, barang koleksi, saham, emas, tanah dsb.


Oke itulah penjelasan mengenai pengertian spekulasi dan contohnya secara singkat. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian spekulasi dalam ekonomi secara umum ya ! Lihat juga pengertian tema 🙂