PENGERTIAN SPG (SALES PROMOTION GIRL)


  • Pengertian spg dalam pekerjaan itu apa sih ?
  • Apa itu spg dan spb ?
  • Apa arti kata spg dan spb ?
  • Apa yang dimaksud dengan spg ?
  • Apa kepanjangan dari spg ?

Pengertian SPG


Pengertian SPG Menurut Para Ahli

Arti spg adalah :

Pengertian SPG adalah sebuah profesi yang tugas utamanya adalah memasarkan dan mempromosikan sebuah produk baik barang ataupun jasa. Sesuai namanya seorang SPG biasanya adalah wanita dengan penampilan yang menarik dan memiliki pengetahuan dan komunikasi yang baik. Beberapa perusahaan yang sering menggunakan jasa SPG adalah perusahaan rokok, perusahaan otomotif seperti mobil dan sepeda motor, alat-alat kecantikan, dan lain sebagainya.

Definisi SPG adalah seorang wanita yang mempromosikan sekaligus menjual produk tertentu dengan wajah yang menarik. Lawan dari SPG adalah SPB atau sales promotion boy.


Promosi dan penjualan produk merupakan ujung tombak sebuah perusahaan karena dari lini inilah asalnya pendapatan utama perusahaan. Biasanya hal ini menjadi tanggung jawab bagian marketing dan penjualan. Jika bagian ini berhasil memenuhi target yang ditentukan, bonus besar sudah menanti sebagai bentuk penghargaan atas kerja keras mereka.

Bagian marketing dan penjualan biasanya memiliki staf yang berhubungan langsung dengan calon konsumen yang disebut dengan sales. Sales ini bekerja di lapangan menjual produk ke calon konsumen. Karena bersifat tugas lapangan biasanya staf yang bekerja sebagai sales adalah laki-laki.

Selain penjualan yang dilakukan secara reguler, perusahaan juga mengikuti atau mengadakan acara-acara seperti acara musik dan pameran sebagai sarana untuk mempromosikan dan menjual produknya. Pada acara-acara seperti ini tidak hanya sales yang diturunkan, perusahaan biasanya juga menggunakan jasa SPG atau Sales Promotion Girl.

Seorang SPG dituntut untuk berpenampilan menarik sebagai usaha awal untuk menarik minat calon konsumen setidaknya untuk mendengarkan penjelasan mengenai produk atau mencoba produk yang dijual. Kemudian SPG juga harus memiliki pengetahuan yang luas mengenai produk yang dijual sehingga calon konsumen yang sudah bersedia meluangkan waktunya akan tertarik membeli produk yang dijual. Bukan tidak mungkin seorang SPG yang kinerjanya sangat memuaskan dapat diangkat menjadi brand ambassador atau duta besar produk tertentu.

SPG biasanya dikontrak ketika perusahaan mengadakan kegiatan, bisa secara perseorangan atau melalui agency atau perusahaan outsourcing yang memiliki stok SPG siap pakai. Perusahaan tinggal menghubungi agency dan menyebutkan jumlah SPG yang diperlukan. Jika harga sudah disepakati maka SPG dapat langsung dipekerjakan. Sebelum bekerja SPG akan diberikan pelatihan singkat mengenai produk yang akan dijual dan dipromosikan.


Nah itulah penjelasan singkat mengenai pengertian spg dalam pekerjaan. Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian spg dan tugasnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian setengah menganggur 🙂