PENGERTIAN SPIONASE BESERTA CONTOHNYA


  • Pengertian spionase beserta contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu spionase ? Apa arti kata spionase ?
  • Apa yang dimaksud dengan spionase ?
  • Apa pengertian spionase pemasaran ?
  • Apa pengertian spionase industri ?

Pengertian Spionase


Pengertian Spionase Menurut Para Ahli

Arti spionase adalah :

Definisi spionase adalah praktek mata-mata atau menggunakan mata-mata untuk memperoleh informasi rahasia, terutama mengenai pemerintah atau suatu bisnis tertentu.

Pengertian spionase adalah suatu kegiatan (aktivitas mata-mata) yang dilakukan untuk mengetahui rahasia dari musuh dan pesaing.

Pengertian spionase pemasaran adalah kegiatan memata-matai berbagai aktivitas dan strategi pemasaran dari pesaing bisnis seperti produk baru apa yang diluncurkan, mengetahui cara-cara promosi, perkembangan chanel distribusi dan strategi potong harga.

Pengertian spionase industri adalah praktik rahasia dan kadang-kadang merupakan praktek ilegal untuk menyelidiki berbagai informasi dari pesaing demi mendapatkan keuntungan bisnis. Contoh spionase industri adalah pencurian design prototype, mencuri ide dan data dari sebuah perusahaan dsb.


Siapa yang tidak kenal dengan James Bond? Tokoh mata-mata fiktif asal Inggris yang memiliki banyak penggemar di seluruh dunia karena aksinya yang memukau dengan berbagai peralatan canggih di sekitarnya. Tidak hanya di dunia film, di dunia nyata kegiatan spionase atau memata-matai telah ada sejak zaman dahulu.

Secara sederhana kegiatan spionase dilakukan dengan menempatkan orang kepercayaan secara diam-diam di tempat yang ingin diselidiki sehingga dapat dengan mudah diketahui informasi-informasi rahasia dari sasaran yang sedang dimata-matai. Seiring bertambahnya kemajuan teknologi spionase dilakukan dengan memanfaatkan teknologi-teknologi yang ada seperti kamera kecil yang dapat diletakkan di berbagai tempat tersembunyi, alat penyadap, pulpen yang dapat dijadikan sebagai senjata, dan masih banyak lagi.

Spionase pada dasarnya merupakan kegiatan pengumpulan informasi yang sifatnya rahasia mengenai seseorang atau organisasi tertentu yang dilakukan secara diam-diam atau tanpa persetujuan orang atau organisasi tersebut. Spionase berbeda dengan kegiatan pengumpulan informasi yang dilakukan oleh badan intelijen resmi dimana pada spionase mereka memiliki akses ke informasi rahasia tersebut atau akses kepada orang yang memiliki informasi yang bersedia membocorkannya karena alasan-alasan tertentu. Walaupun banyak juga badan intelijen resmi yang melakukan aksi spionase demi mendapatkan informasi rahasia.

Sasaran aksi spionase biasanya sebuah negara atau bisa juga sebuah perusahaan. Spionase biasanya ditujukan pada informasi-informasi rahasia dalam bidang-bidang penting seperti militer dan ekonomi. Dua bidang ini merupakan detak jantung sebuah negara. Seseorang atau sekelompok orang dapat dikatakan menggenggam sebuah negara jika mengetahui informasi rahasia mengenai militer dan ekonomi negara tersebut.

Sebagai sebuah negara besar dan kaya Indonesia sering menjadi sasaran aksi spionase. Diantara kasus yang cukup menggemparkan yaitu aksi Allen Lawrence Pope, seorang tentara bayaran yang ditugasi CIA, badan intelijen Amerika Serikat, untuk membantu para pemberontak PRRI/Permesta yang bertujuan untuk menggulingkan presiden Soekarno.

Kemudian juga ada aksi spionase yang dilakukan oleh intelijen Uni Soviet, Alexandre Finenko, pada tahun 1982. Intelijen Australia juga beberapa kali pernah memata-matai pejabat pemerintahan Indonesia diantaranya mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan istrinya Ani Yudhoyono, mantan duta besar Indonesia untuk Amerika Dino  Patti Djalal, mantan Wakil Presiden Boediono, serta mantan menteri koordinator bidang perekonomian Hatta Rajasa.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian spionase dan contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian spionase dan sabotase secara umum ya ! Lihat juga pengertian rentan 🙂